PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA SD KELAS VI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW

Authors

  • Cecep Ina Trisdiana Ikip Siliwangi
  • Sukma Murni Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.5595

Keywords:

Pemahaman Matematika, Model Pembelajaran SQ3R

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman matematika pada siswa kelas VI dengan model pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 084 Cikadut Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal matematika, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan dengan model pembelajaran SQ3R. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman matematika kelas sebesar 79,64 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,4% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 3,6% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.

References

Arikunto, S., 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Bumi Aksara.

Dick dan Carey, 1985, Strategi Pembelajaran Aktif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

J.R. David, 1976, Student Active Learning, New Jersey: Prentice-Hall

Joesoef, A., 1999, Perkembangan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara

Johnson dan Johnson, 1996, Cooperative Learning: Sebuah Strategi Pembelajaran Aktif, Bandung: Tarsito

Joice dan Weil, 1992, Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Jakarta: Prestasi Pustaka

Kemp, A, 1995, Beberapa Strategi Pembelajaran Aktif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, 2003, Metoda Statistik, Bandung: Tarsito

Suparman, A, 1996, Pola-pola Dalam Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press

Syah, M, 1991, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina, Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007.

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Cet.7, 2007.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010.

Soedarso, Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Aktif, Jakarta: Gramedia Pustaka, 2004.

Suhendar, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Suherman, Erman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA, 2003.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, Edisi 15, 2010.

Tafsir, A, 1990, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto, 2002, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka

Usman, M. Uzer, 1993, Menjadi Guru Propesional, Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles