PEMBELAJARAN MENGUKUR PANJANG BENDA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.5599Keywords:
Pemahaman Matematika, Metode DemonstrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman matematika pada siswa kelas I dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 138 Gegerkalong Girang Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi mengukur panjang benda, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran pemahaman matematika setelah menggunakan metode demonstrasi. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman matematika kelas sebesar 77,68 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 90 dan nilai terendah sebesar 650. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 92,9% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 7,1% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimumReferences
Amri, Sofan. Ahmadi, Iif Khoiru. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Baskoro, Edi Prio. (2008). Media Pembelajaran. Cirebon:Swagati Press.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Media Makmur Maju mandiri.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kardi, Soeparman., dan Nur, Muhamad (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Hermawan, H. (2007). Media Pembelajaran SD. Bandung : UPI Press
Kurniasih, Imas. dan Sani, Berlin. (2010). Model Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena
Lestari, K.E., dan Yudhanegara, M.R. (2012). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
Mikarsa, Hera Lestari dkk. (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Suherman, Eman. (2011). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Diakses http://educare.fkipunla.net/ 27 Juni 2019 pukul 19.00 WIB
Suprijono, Agus. (2010). Pengunaan Model Pembelajaran SFAE di SD. Jurnal Pendidian Dasar, vol.2, No 2 : 59-64.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Uno, Hamzah. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Uzer. (1994). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remadja
Widodo, Rachma. (2009). Model Student Facilitator and Explaining. Jakarta: Bumi Aksara