PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA SISWA KELAS V SDN 004 CISARANTEN KULON KOTA BANDUNG

Yuliyanti Astuti(1*), Uus Kuswendi(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa SDN 004 Cisaranten Kulon sehingga diperlukan model pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui skenario, implementasi pembelajaran IPA melalui model Project Based Learning (PjBL), respon guru dan siswa serta kesulitan setelah melaksanakan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SDN 004 Cisaranten Kulon Bandung berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggambarkan skenario dan implementasi pembelajaran, respon guru dan siswa terhadap pembelajaran, dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan melalui model PjBL. Tahapan pembelajaran siswa diberikan pemahaman tentang siklus air, penentuan proyek, perancangan proyek, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek, penyampaian hasil, evaluasi. Kesimpulan hasil penelitian, respon siswa dan guru terhadap pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran PjBL sangat baik, siswa lebih percaya diri, aktif, tanggung jawab, pembelajaran lebih menyenangkan, dan efektif. Dalam penerapannya masih terdapat kekurangan siswa terkendala masalah alokasi waktu, biaya dan kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil produk masih kurang optimal.


Keywords


Siklus Air dan Produk, Model PjBL

Full Text:

PDF

References


Abdulah Sani, Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Anggito, dan Setiawan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Eskrootchi Rogheyeh , dan Oskrochi G. Reza . (2010). A Study of the Efficacy of Project-based Learning Integrated with Computerbased Simulation STELLA. Educational Technology & Society, 13 (1), 236–245. http://www.ifets.info/journals/13_1/22.pdf

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan.Yogyakarta. Arruz Media.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

Hanafiah, Nanang. dan Cucu, Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Karina D.K.N, Sadia W I, Suastra WI. (2014). “ Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan emosional Siswa SMP.” Vol 4. Hal 1-10. Ejournal Undikhsa.

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. Yrama Widya.

Poerwanti, Endang. (2008). Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Prinsa, Juni Donni. (2015). Managemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Salam Faridah , Mailok Ramlah, Ubaidullah Norhasbiah dan Ahmad Umar. (2016). The Effect Of Project-Based Learning Against Students’ Engagement. International Journal of Development Research. ol. 6, Issue, 02, pp. 6891-6895. http://www.journalijdr.com/sites/default/files/4861.pdf

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Bumi Aksara.

Sastrika Ida Ayu Kade, Sadia I Wayan, dan I Wayan Muderawan yang berjudul. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis. Vol 3. E- journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inofatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Slavin, Robert. E. (1994). Educational Psychology; Theory and Practice. USA. Paramount Publishing.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susilowati Indah, Iswari Retno Sri, dan Sri Sukaesih. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem pencernaan Manusia. Vol 2 no 1. Hal 83-90. Unnes Journal of Biology Education. http//journal.unnes.ac.id/sju/indeks.php/ujeb

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Warsono, Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung. Rosda Karya.

Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta. Bumi Aksara.

Widoyoko, Eko Putro. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Winastwan, Gora dan Sunarto. (2010). Pakematik Strategy Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Flex Media Komputindo

Wisudawati, A W dan Eka S. (2013). Metodologi Pembelajaran IPA. Yogyakarya. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i6.5600

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats