PEMBELAJARAN ONLINE PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA MATERI DIAGRAM BATANG DI KELAS 4 SD PADA MASA PANDEMIK COVID 19

Farah Falasifah(1*), Anugrah Ramadhan Firdaus(2)

(1) IKIP SILIWANGI
(2) IKIP SILIWANGI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman matematika siswa dan pandemik covid-19 yang menyebabkan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran online pemahaman matematika pada materi diagram batang di kelas 4 pada masa pandemik Covid-19, kesulitan dan kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran online, serta upaya yang harus dilakukan guru agar pembelajaran online dapat berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 di dua sekolah yang berbeda, yaitu kategori sekolah swasta dan negeri, berjumlah 12 orang siswa, memiliki kemampuan baik, sedang, dan kurang dengan jumlah merata. Serta dua orang guru kelas 4 dari kedua sekolah tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data  dilakukan secara kualitatif, data tersebut diambil dari hasil angket, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa guru merencanakan dan menggunakan berbagai aplikasi untuk melaksanakan pembelajaran online dengan waktu pembelajaran yang lebih singkat. Kesulitan yang dihadapi siswa adalah 41,7% merasa tidak nyaman belajar menggunakan gawai karena kurang mobilitas, dan 58,3% kesulitan memahami pelajaran karena tidak bisa berdiskusi langsung dengan guru. Upaya yang bisa dilakukan guru adalah melakukan komunikasi secara efektif dengan orang tua siswa, mencari informasi dan menerapkan cara-cara pembelajaran online yang interaktif, serta berdiskusi secara personal dengan siswa.

 

Kata Kunci: pembelajaran online, pemahaman matematika  

Abstract

This research is based on the low ability of students to understand mathematics, and the Covid-19 pandemic which causes learning cannot be normal. This research aims to determine the scenario and implementation of online learning mathematical understanding on bar chart in grade 4 during the Covid-19 pandemic, the difficulties and obstacles faced by teachers and students in implementing online learning, as well as the efforts teachers must make so that online learning can be held effectively. The research method used in this research is descriptive qualitative. The subjects in this research are grade 4 students in two different schools, the private and public school categories, total of 12 students, having an even number of high, middle, and low abilities. As well as two grade 4 teachers from the two schools. The instruments used in this research are questionnaires, interviews, and documents. Data analysis was carried out qualitatively, the data are taken from  questionnaires, interviews, and document collection. Based on the analysis, the teacher plans and uses various applications to carry out online learning with shorter learning times. 41.7% of students said that they are uncomfortable learning to use gadgets due to lack of mobility, and 58.3% hard to understand the lessons because they cannot discuss with the teacher. Teacher should make some effort to enhance online learning by communicating effectively with parents, seeking information and applying interactive online learning methods, and having personal discussions with students.

Key words: online learning, mathematical understanding


References


Abidin, Y., Yunansah, H., & Mulyati, T., 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarata: Bumi Aksara

Bonk, C.J. 2002. Online Training in an Online World. Growth Lakeland. Retrieved from http://publicationshare.com

Dabbagh, N., 2007. Online learning: Concepts, strategies and application. Upper Saddle river, NJ: Prentice Hall

Epale. Electronic Platform for Adult Learning in Europe. https://epale.ec.europa.eu/en/blog/interactive-learning-environment- model-workplace-tra ining

Garrison, & Cleveland-Innes . 2005. Facilitating Cognitive Presence in Online Learning: Interaction is not enough. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1207/s15389286ajde1903_2

Gikas, J., & Grant, M. M. 2013. Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. http://dx.doi.org/10.101/j.iheduc.2013.06.002.

Hartono Wiliams. 1999. Design Web Based Training. New York Villay

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud. Jakarta

Kitao, Kenji. S. Kathleen Kitao. 1998. Selecting and developing teaching/Learning materials. The Internet TESL Journal, Vol. IV.

Komalasari, kokom. 2013. Pembelajaran konstektual. Bandung: Refika.

Korucu, A. T., & Alkan, A. 2011. Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia-Social and Behavioral Sciences. http://doi.org/10.1089/j.sbspro.2011.04.029.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

Tirtaharardja, Umar. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats