PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER BUNYI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.5680Keywords:
Pemahaman IPA, Media audio visualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan pemahaman IPA pada siswa kelas IV dengan menggunakan metode pembelajaran Online dengan menggunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 201 Sukaluyu Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang responden. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi sumber bunyi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan media audio visual. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,25 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 85,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 15,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.
References
Amri, Sofan. Ahmadi, Iif Khoiru. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Baskoro, Edi Prio. (2008). Media Pembelajaran. Cirebon:Swagati Press.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Media Makmur Maju mandiri.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kurniasih, Imas. dan Sani, Berlin. (2010). Model Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena
Lestari, K.E., dan Yudhanegara, M.R. (2012). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
Mikarsa, Hera Lestari dkk. (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Suherman, Eman. (2011). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Diakses http://educare.fkipunla.net/ 27 Juni 2019 pukul 19.00 WIB
Suprijono, Agus. (2010). Pengunaan Model Pembelajaran SFAE di SD. Jurnal Pendidian Dasar, vol.2, No 2 : 59-64.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Uno, Hamzah. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Uzer. (1994). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remadja
Widodo, Rachma. (2009). Model Student Facilitator and Explaining. Jakarta: Bumi Aksara
Kardi, Soeparman., dan Nur, Muhamad. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Hermawan, H. (2007). Media Pembelajaran SD. Bandung : UPI Press