PEMBELAJARAN PEMAHAMAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTUR
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.5681Keywords:
Pemahaman IPA, Model Picture and PictureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran IPA pada siswa kelas IV melalui pendekatan model picture and picture. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 085 Ciumbuleuit Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi IPA, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan model picture and picture. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,57 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 93,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 7,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimumReferences
Ahmad Fauzi, dkk. 2013. “Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Hasil
Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SDâ€. Jurnal Pendidikan
Aidi, Ulil. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Sikap Toleran terhadap Keberagaman Siswa. Jurnal Ilmiah, Volume 2 Nomor 1.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunadi, Komang. 2012. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tutor Sebaya Berbantuan Picture and Picture terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2011/2012. Kumpulan Artikel Mahasiswa pendidikan Teknik Informatikan, Volume 1, Nomor 3, ISSN 2252-9063.â€
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jelilehvand, Maryam. 2012. The Effects of Text Length and Picture on Reading Comprehension of Iranian EFL Students, Volume 8, Nomor 3.
Kurniati, Ni Md. 2014. Pengaruh Metode Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Semester Genap di Gugus 1 Kecamatan Buleleng.
Pri, Hartoyo dkk. 2013. “Implementasi Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Cerita bagi Siswa Kelas VI SLB Negeri Klungkung. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3.â€
Putra Jaya, Adnyana dan Darsana. 2014. “Model Pembelajaran Picture and Picture Berpengaruh Berbantuan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Gugus Budi Utomo. Jurnal Pendidikan, Volume 2, Nomor 1â€
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Siregar, Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia
Indonesia
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka
Cipta
Sudjana, Nana. 2002. Methode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixes Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta