PEMBELAJARAN ONLINE PEMAHAMAN MATEMATIK DI KELAS IV SD PADA MATERI KELILING PERSEGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Authors

  • Pipih Aryani PGSD IKIP Siliwangi
  • Sukma Murni PGSD IKIP Siliwangi
  • Febri Restu Widianto Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.5736

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Pemahaman Matematik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya prestasi belajar matematika yang disebabkan kurangnya pemahaman konsep dasar matematik siswa di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematik siswa kelas IV SD  khususnya materi keliling persegi melalui metode Pembelajaran Berbasis Masalah  (PBM).  Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa instrumen yaitu, instrumen wawancara, angket guru dan angket siswa. Subjek penelitian yaitu 1 guru dari SDN Nusaindah 01, 1 guru dari SDN Budhi Asih, 12 siswa kelas IV SDN Nusaindah dan 12 siswa kelas IV SDN Budhi Asih. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman matematik siswa di sekolah dasar dapat ditingkatkan melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dan pemahaman matematik siswa.

References

Apryanti, N. (2012). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik.. Skripsi SI STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.

Ardiansyah. (2013).Pengertian E-Learning Menurut Para Ahli. [Diunduh secara online pada tanggal 1 Juli 2020]

Napitupulu, E, L. (2012). Prestasi Sains dan Matematika Indonesia. Menurun. [Online] .Tersedia:h . ://nasional.kom . as.com/read/2O 12/ 12/ 14/ O9OOS434/Prestasi . Sains.dan.Matematika…lndonesia.Menurun. [1 0-122012].

Nursalam. (2008).Pengertian E-Learning Menurut Para Ahli. [Diunduh secara online pada tanggal 1 Juli 2020]

Rusman. (2011). ModelModel Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Rajagrafmdo Persada.

Sari, W. Q. (2012). Pelaksanaan inklusi di sekolah dasar negeri 14 Pakan Sinayan Payakumbuh (deskriptif kualitatif ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 190–197. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Sumantri, E. K. (2011). Studi Komparatif Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka Dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Tjokro, L. (2009).Pengertian E-Learning Menurut Para Ahli. [Diunduh secara online pada tanggal 1 Juli 2020]

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles