PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MERINGKAS TEKS EKSPLANASI DARI MEDIA CETAK DI KELAS V SD DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Irna Siskatrin Suhaylide IKIP Siliwangi
  • Deden Herdiana Altaftazani

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.5752

Keywords:

Keywords, online learning, summarizing an explanatory text, Kata kunci, pembelajaran online, meringkas teks eksplanasi

Abstract

Abstract

This research is motivated by the low ability of students in summarizing an explanatory text in elementary school. This ability is not easy to be understand by students, so teachers have to teach and guide them. Nevertheless, nowadays learning can not do at school because the world is being faced Covid-19 pandemic. This research tries to find, how to learn summarizing an explanatory text is done online. The research method used is a descriptive study with a qualitative approach. The research subject consist of two teachers and twelve students of fifth grade in elementary school. Data collection technique is interview. The results showed that the teacher made learning scenario. The difficulties of online learning are faced by teachers and students  such as teachers have not mastered ICT, students have limited quota, explaining of material via whatsapp and video made some students do not understand. The teacher considers that online learning is less effective and students are more motivated to learn at school. Efforts are made by teacher in order online learning is effective, such as adjusting to the conditions of students in using learnig media, not giving a limit to submit assignments, and making good communication between teachers and students.

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam meringkas teks eksplanasi di sekolah dasar. Keterampilan ini bukanlah keterampilan yang mudah difahami oleh peserta didik. Maka dari itu, guru harus membimbing peserta didik. Namun, saat ini pembelajaran tidak dapat dilaksanakan di sekolah karena  dunia sedang dihadapkan pada masa pandemi Covid-19. Berkaitan dengan hal tersebut, pembelajaran dilakukan secara online. Penelitian ini mencoba menelusuri, bagaimana pembelajaran meringkas teks eksplanasi dilaksanakan secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang guru kelas V SD dan 12 peserta didik kelas V SD. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat skenario pembelajaran, kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran online, di antaranya sebagian guru belum menguasai ICT, peserta didik memiliki kuota yang terbatas, penyampaian materi melalui whatsapp atau video membuat sebagian peserta didik tidak memahami materi. Guru menilai bahwa pembelajaran online kurang efektif dan peserta didik lebih termotivasi mengikuti pembelajaran disekolah. Upaya yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran online efektif yaitu menyesuaikan dengan kondisi peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran, tidak memberikan beban kepada peserta didik dalam hal tugas, dan menjalin komunikasi yang baik antara guru dengan peserta didik.

References

REFERENSI

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basuki, Yudi dan Yeni Nurmala. (2019). Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives. Tersedia online di:https://doi.org/10.1016/j.compedu. Diakses pada 10 Juni 2020.

Bouhnik, Dan dan Mor Deshen. (2014). WhatsApp Goes to School: Mobile Instant Messaging between Teachers and Students. Journal of Information Technology Education: Research Volume 13, 2014.Diakses pada 15 Juni 2020.

Iftakhar, Shampa. (2016). Google Classroom: what works and how?. Journal of Education and Social Sciences, Vol. 3. Diakses 30 Mei 2020.

Mahsun.(2018).Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Nafi’ah, Siti Anisatun. (2018). Model – Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta : Ar-Ruuz Media.

Putra, I Made. (2020). Kurang Efektifnya Pembelajaran Daring / E-Learning. Prodi Bimbingan Konseling. Universitas Pendidikan Ganesha.

Putranti, Nurita. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol. 2, No. 2, Desember 2013. Diakses pada 23 Mei 2020.

Redaksi kumparan. (2020). Imbas Pandemi Virus Corona Bagi Dunia Pendidikan Indonesia dan Global. https://kumparan.com/kumparansains/imbas-pandemi-virus-corona-bagi-dunia-pendidikan-indonesia-dan-global-1t5YVXRYAbo/full. Diakses pada 26 Juni 2020.

Riyana, Cepi. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Surat Edaran No. 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid- 1 9)

Susanti, Lidia. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Yanti, dkk. (2016). Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta : PT Grasindo.

--------. Profil Edmodo. Tersedia online di: www.edmodo.com. Diakses pada 25 Juni 2020.

Downloads

Published

2022-11-29

Issue

Section

Articles