PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA SD KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.5755Keywords:
Pemahaman Matematika, model kooperatif tipe jigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman matematika pada siswa kelas V dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 259 Griba Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang pecahan, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman matematika kelas sebesar 80,30 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 63. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,7% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 3,3% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimumReferences
Anas Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Aris, Shoimin.(2014). Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Bloom, Benjamin S,Etc. (2013). Taxonomy of Educational Ovjectives: The classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta
Lestari, K.E., dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama
Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo
Pardjono. (2000). Konsepsi Guru Tentang Belajar dan Mengajar dalam Perspektif Belajar Aktif. Jurnal Psikologi,2,hlm. 73-83. [online].
Diakses dari www.tsppdf.com/read/5874-konsepsi-guru-tentang-belajar-dan -mengajar-dalam pada tanggal 25 januari 2019
Rusman. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Diakses dari http://belajar psikologi.com/model-pembelajaran-kooperatif-jigsaw/
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Bandung : PT. Rajagrafindo Persada
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Londong : Allymand Bacon
Sugiyono. (2015). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung : Alfabeta
Susilawati, W. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : CV Insan Mandiri
Suwangsih ,Erna dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI Press
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara