PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA SD KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Tri Widodo(1*), Muhammad Rizal Fauzi(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) Ikip Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman matematika pada siswa kelas V dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 259 Griba Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang pecahan, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman matematika kelas sebesar 80,30 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 63. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,7% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 3,3% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum

Keywords


Pemahaman Matematika, model kooperatif tipe jigsaw

References


Anas Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Aris, Shoimin.(2014). Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Bloom, Benjamin S,Etc. (2013). Taxonomy of Educational Ovjectives: The classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta

Lestari, K.E., dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama

Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo

Pardjono. (2000). Konsepsi Guru Tentang Belajar dan Mengajar dalam Perspektif Belajar Aktif. Jurnal Psikologi,2,hlm. 73-83. [online].

Diakses dari www.tsppdf.com/read/5874-konsepsi-guru-tentang-belajar-dan -mengajar-dalam pada tanggal 25 januari 2019

Rusman. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Diakses dari http://belajar psikologi.com/model-pembelajaran-kooperatif-jigsaw/

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Bandung : PT. Rajagrafindo Persada

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Londong : Allymand Bacon

Sugiyono. (2015). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung : Alfabeta

Susilawati, W. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : CV Insan Mandiri

Suwangsih ,Erna dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI Press

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats