PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.22460/c.v5i1.5764Keywords:
Pemahaman Konsep, RMEAbstract
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2014). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen : Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas, R. I. (2004). Peraturan Tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/2004 tanggal 11 November 2004. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas
Duffin, J.M. & Simpson, A.P. (2000). A. Search for understanding. Journal of Mathematical Behavior. 18(4): 415-427.
Ekawati, R., Junaedi, I., & Nugroho, S. E. (2013). Studi Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 2(2).
Fathani, A.H. (2012). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Arruzz Media.
Faturrohman, M. (2015). Model – Model Pembeljaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Jurnal. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu, Vol X 79-88.
NCTM (National Concil of Teacher of Mathematics). (2000). Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston, Va : NCTM.
Ningsih, Catur Wulan. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Periode 2009 -2012. Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Nur’aeni, E. S., Irawati, R., & Julia. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Matematics Edcation (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah.
Sari, A & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathemathics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika
Sumiati, A., Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat Dan Segi Tiga Siswa SMP Kelas VIII Di Cianjur: Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Suryadi, D. (2013). DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR) DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. In A. Nurjaman, R. Sariningsih, I. P. Sari, & G. Kadarisma (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung (pp.3-12).
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif. Pendekatan Pembelajaran Matematika . Yogyakarta: Graha Ilmu.