Pembelajaran pemahaman IPA siswa kelas IV sekolah dasar dengan pendekatan model kooperatif teknik Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.5767Keywords:
Pemahaman IPA, model kooperatif tipe jigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman IPA pada siswa kelas IV dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 195 Isola Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman IPA kelas sebesar 80,80 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 65. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 4,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimumReferences
Anas Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Aris, Shoimin.(2014). Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Bloom, Benjamin S,Etc. (2013). Taxonomy of Educational Ovjectives: The classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta
Lestari, K.E., dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama
Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo
Rusman. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Diakses dari http://belajar psikologi.com/model-pembelajaran-kooperatif-jigsaw/
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Bandung : PT. Rajagrafindo Persada
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Londong : Allymand Bacon
Sugiyono. (2015). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung : Alfabeta
Susilawati, W. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : CV Insan Mandiri
Suwangsih ,Erna dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI Press
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.