PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM PADA SISWA KELAS II UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN PANJANG BENDA

Authors

  • Revy Sri Aprillantika PGSD IKIP SILIWANGI
  • Faridillah Fahmi Nurfurqon PGSD IKIP SILIWANGI
  • Deden Herdiana Altaftazani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.5776

Keywords:

Pendekatan PAIKEM, Mengukur Pemahaman, Materi Perbandingan Panjang Benda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah konsep pembelajaran, persamaan dan perbedaan, serta relevansi atau penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAIKEM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Qualitatif Research/Library Research) yang bertujuan untuk mencari dan mengumpulkan data, menyusun, menggunakan serta menafsirkan data yang sudah ada. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pustaka.. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah metode analisis data diantaranya adalah metode deskriptif analitis dan metode komparatif. Konsep penerapan pendekatan PAIKEM pada skripsi yang berjudul Penerapan PAIKEM Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Memahami Perkalian Bilangan dan Wujud Benda di Kelas II SDN 3 Ciharashas (Tema Bermain di Lingkunganku, Subtema Bermain di Rumah Teman, Pembelajaran 3). Tahun 2016, Penerapan Model PAIKEM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sifat – sifat Simetri Bangun Datar Di Kelas V SD Negeri 15 Baruga Kendari. Tahun 2018, dan Pengaruh Strategi PAIKEM Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. NURUSSALAMAH MONTONG ARE TAHUN PELAJARAN 2016/2017 sudah sesuai dengan implementasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa secara signifikan setelah diterapkannya pendekatan PAIKEM pada proses pembelajaran. Persamaan yang ada pada penelitian yang dilakukan oleh penulis pada ketiga skripsi tersebut terletak pada penggunaan startegi pembelajaran yang digunakan yaitu PAIKEM dan materi yang dibahas pada ketiga skripsi tersebut berkaitan dengan mata pelajaran matematika. Sedangkan perbedaannya terletak pada metode penelitian yang digunakan serta subjek penelitian. Relevansi penerapan pada ketiga skripsi tersebut terlihat ada keterkaitan PAIKEM dalam  meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan data hasil penerapan pembelajaran PAIKEM pada ketiga skripsi tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAIKEM dapat digunakan untuk mata pelajaran matematika yang ditulis dalam judul Penerapan Pendekatan PAIKEM Untuk Siswa Kelas II SD Untuk Mengukur Pemahaman Siswa Pada Materi Perbandingan Panjang Benda.

References

Fitriani, Maulana (2016) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Penedekatan Matematika [Online] Tersedia https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/download/2355/1638 (diunduh tanggal 21 November jam 09.30 WIB)

Hajar Hilmi Siti (2018) Pengaruh Strategi PAIKEM Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. NURUSSALAMAH MONTONG ARE TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal

Heriawan, Darmajari, Senjaya (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoretis Praktis. Banten: Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru.

Karso, dkk. (2009). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Krippendrof, Klaus. ( 1993 ). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi, terj Farid Wajidi. Jakarta:Citra Niaga Rajawali Press.

Maesaroh (2016). Pengertian Pemahaman [Online] Tersedia https://www.google.com/search?safe=strict&rlz=1C1GGRV_enID806ID806&sxsrf=ACYBGNTqYfbjnPeYzRsKAUFDMN-G8PtViQ:1574207269600&q=indikator+pemahaman+siswa+dalam+belajar&sa=X&ved=2ahUKEwiG0-2Iu_flAhVOwzgGHRHPCMwQ1QIoAXoECAsQAg&biw=581&bih=549# (diunduh tanggal 20 November 2019 jam 07.00 WIB)

Mestika, Zed. ( 2008 ). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Mpika (2018) Penerapan Model PAIKEM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sifat – sifat Simetri BANGUN Datar Di Kelas V SD Negeri 15 Baruga Kendari. Skripsi diterbitkan

Rochmach (2014) Pembelajaran Pengukuran [Online] Tersedia http://digilib.uinsby.ac.id/1992/5/Bab%202.pdf (diunduh tanggal 20 November 2019 jam 05.15 WIB)

Rusman. (2010) MODEL-MODEL PEMBELAJARAN Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Rajagrafindo Persada

Sa’adah (2018) Pengertian PAIKEM [Online] Tersedia https://www.google.com/search?safe=strict&rlz=1C1GGRV_enID806ID806&biw=581&bih=549&sxsrf=ACYBGNQHkCpjo0DjheAg5JzUr7lVAbQRQQ%3A1574215830991&ei=lqDUXc2gPM6d4-EPyrWokAs&q=pengertian+paIkem+menurut+para+ahli&oq=pengertian+paIkem+menurut+para+ahli&gs_l=psy-ab.3..0i71l4.91723.91723..92178...0.2..0.0.0.......0....1..gws-wiz.woSnGYrguVs&ved=0ahUKEwjNw5_72vflAhXOzjgGHcoaCrIQ4dUDCAo&uact=5# (diunduh tanggal 20 November 2019 jam 09.00 WIB).

Sutrisno Hadi. (1995). Metodologi Research Jilid IV. Jogjakarta: Andi Offset.

Wirasa. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan PAIKEM. [Online]. Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/article/download/3517/pdf (diunduh tanggal 26 Agustus 2020)

Yusmayanti (2016). Penerapan PAIKEM Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Memahami Perkalian Bilangan dan Wujud Benda di Kelas II SDN 3 Ciharashas (Tema Bermain di Lingkunganku, Subtema Bermain di Rumah Teman, Pembelajaran 3). PTK di SDN 3 Ciharashas: tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles