PEMBELAJARAN ONLINE MATA PEALAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.5817Keywords:
Pembelajaran online, Pemahaman Matematik, MatematikaAbstract
Kurangnya pemahaman  menghitung siswa dan mencari keliling persegi empat dan persegi panjang dimungkinkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario pembelajaran online yang telah dilaksanakan oleh para guru 4 SD Plud Al-Aitaam pada materi bangun datar. Kesulitan-kesulitan dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran online, kesulitan-kesulitan dan kendala yang dihadapi siswa pada saat melaksankan pembelajaran online, Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran online, bahan ajar, LKS dan tugas-tugas yang selama ini diberikan oleh guru, upaya yang dilakukan guru agar pembelajaran online dapat berjalan lebih efektif. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas IV dari dua sekolah yang berbeda dan siswa kelas IV dari dua sekolah yang berbeda yang berjumlah 12  orang dari 2 sekolah dasar yaitu SD Plus Al-Aitaam dan SDN Mulyasari 1. Dari hasil penelitian 2 sekolah yang berbeda menghasilkan bahwa pembelajaran online ataupun pembelajaran tatap muka tetap harus mengacu kepada tujuan pendidikan nasional karena itu guru tetap membuat scenario yang sederhana, efektif dan efiien serta baik, sehingga memudahkan guru dalam merencanakan pembelajaran Hasil penelitian ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dan pemahaman matematik siswa.Â
References
Sugiono, Metode penelitian Kuantitatif dan kualitatif dan R dan D, (Bandung, Alfabeta, 2012), cet. Ke 12 hal.203
Hendrowati Tri Yuni dan Suningsih Ari. International Journal of Community Service Learning Volume 2, Number 1, 2018 (hari minggu tgl 30 agusutus 2020 jam 17.00).
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta : Diva Press Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka. Jakarta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Jakarta
Putranti Nurinta, 2013 , Cara Membuat Pembelajaran Online Menggunakan edomodo, Jurnal Pendidikan Informatika dan Sain, Vo.2 No.2 Desember 2013
Sari Rahayu Rahman, Firman, “ Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi “ Indonesian Journal Educational Of Science (IJES) , Vol.2 No.2 Maret 2020
Dian Novitasari, Dian . 2016 “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahama Konsep Matematik Siswa “ FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Volume 2, Nomer 2 , Desember 2016
Jihad, Asep. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Presind
Khoirul amin, Titin Pengembangan Media Video Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Dau, UMM oktober 2014.
Karo-Karo, Isran Rasyid dan Rohan-Rohan. 2018 ,Manfaat Media Dalam Pembelajaran, Jurnal pendidikan dan matematka, UINSU, vol.7 No.1 2018 http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778
Andjani1A, A, IA Ratnamuyani2, Kusumadinata AA. 2018 Penggunaa Media Komunikasi WhatsApp Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan The Use Of WhatsApp Comunication Media To The Effectiviness Of Worker Performance , Jurnal Komunikatio Volume 4 Nomor 1, April 2018