Pembelajaran Online Mata pelajaran IPA materi Energi dan perubahannya di Kelas IV SD dalam Masa Pandemi Covid-19

Ita Purnamasari(1*), Anugrah Ramadhan Firdaus(2)

(1) SD Advent Parongpong
(2) PGSD IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran online merupakan salah satu sistem pembelajaran yang menggunakan alat teknologi yang berkembang pesat saat ini terutama di dunia pendidikan dalam negara Indonesia, termasuk jenjang sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui skenario dan respon guru serta siswa terhadap pembelajaran online. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara , peneliti mendapati bahwa guru SD kelas IV telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil respon guru dan siswa pada mata pelajaran IPA adalah rata-rata mengalami kesulitan sehingga belum terlaksana dengan baik. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan supaya peneliti dapat menjelaskan secara rinci kondisi pembelajaran secara online yang dialami guru dan siswa.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA kelas IV SD Negeri dan guru IPA SD Swasta serta 12 siswa diambil dari masing-masing sekolah tersebut. Terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran, maka diperoleh hasil skenario yang sudah dilaksanakan oleh para guru yaitu mencapai rata-rata 94,72%. Begitupun hasil respon guru dan siswa terhadap pembelajaran online, didapati sekitar 29% siswa yang senang melaksanakan pembelajaran online. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online belum dilaksanakan secara optimal.


Keywords


Pembelajaran online, Energi dan perubahannya, Covid-19

References


Firdaus, AR. (2018). Application of Everyone is A Teacher Here Learning Model

to Improve Self Confidence Students. Journal of Elementary Education.

Volume 2, Number 2. Buana. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi

Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwavol. 7 No. 3, Pp.217-226.

Dewi. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di

Sekolah Dasar . Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1.

Hasibuan. (2015). Pengembangan Pendidikan Islam dengan Implikasi Teknologi

Pendidikan. Fitrah Vol. 01 No. 2.

Mu’arif dan Herman. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Pendekatan

Ilmiah pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3, No 2, Oktober 2016 (195-206).

Mustofa, dkk. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya

Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal Of Information Technology, Vol. 1 No. 2.

Purwanto, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap

Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education Psychology and Counseling. Vol 2, No. 1.

Susilo, dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini

Coronavirus Disease 2019. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. Vol. 7, No.1.

Suwandayani. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik pada

Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal). Volume 2 Nomor 1.

Ucu, dkk. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran.

Junal Teknik Informatika, Vol. 13 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats