PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI

Narti Kartika(1*), Uus Kuswendi(2), Dedi Sutardi(3)

(1) Ikip Siliwangi
(2) Ikip Siliwangi
(3) Dinas Pendidikan KBB
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, (1). untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran mengenai keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas 3 SD menggunaan model PBL dengan berbantuan media gambar seri, (2). Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas 2 sekolah dasar menggunaan model problem based learning dengan berbantuan media gambar seri, (3). Apakah kesulitan siswa dalam  keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas  3 sekolah dasar menggunaan model problem based learning dengan berbantuan media gambar seri.Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif, hal ini peneliti ingin menggambarkan atau mendeskripsikan mengenai keterampilan menulis karangan terhadap siswa kelas 3 SD menggunakan model problem based learning dengan berbantuan media gambar seri.Teknik pengumpulan data meggunakan observasi (pengamatan), angket, interview (wawancara), dokumentasi dan gabungan. Subjek pada Penelitian ini di kelas 3 Tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 30 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan menulis karangan sederhana menggunakan model PBL dengan berbantuan media gambar seri.


Full Text:

PDF

References


Tarigan, H.G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Tarigan. & Guntur, H. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : angkasa.

Kristyanawati, Martanti, dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 192–202. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p192-202

Mufida, N. (2012). Pendidikan bahasa dan sastra indonesia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah purworejo 2012. 1–13.

Puspita, Eka, dkk. (2015). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IIS.1 SMAN 1 Mendoyo. Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12.

Puspitarukmi, Prima, dkk. (2014). PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI. I(April), 551–561.

Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 137. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363

Syahruddin. (2011). PERANAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS. Retrieved from http://www.kamusbesar.com/38643/surealisme




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i2.5890

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats