PENERAPAN PROGRAM BACAAN BERJENJANG PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 185 CIHAURGEULIS PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN

Indri Wulandini(1*), Muhammad Rizal Fauzi(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) Ikip Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran membaca permulaan pada siswa berkebutuhan khusus kelas II dengan penerapan program bacaan berjenjang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus kelas II SD Negeri 185 Cihaurgeulis Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 2 orang yang terdiri dari 2 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas keterampilan membaca siswa ketika diterapkannya program bacaan berjenjang. Hal tersebut ditunjukan dengan peningkatan nilai keterampilan membaca permulaan siswa berkebutuhan khusus kelas II sebesar 25 point untuk subjek penelitian 1 dan peningkatan sebesar 35 point untuk subjek penelitian 2. Peningkatan ini yang tergolong dalam kategori baik. Kesulitan yang dighadapi siswa selama pembelajaran adalah (1) kesulitan mengenali huruf u dan e, 92) sulit membedakan huruf b, d, f , g, (3) sulit membaca tulisan lebih dari 1 suku kata dan (4) kesulitan melafalkan huruf dengan jelas

Keywords


Keterampilan Membaca Permulaan, Program Bacaan Berjenjang

References


Abdul Chaer, (2010). Kesantunan Berbahasa. ,Jakarta: Rineka Cipta, ,

Ahmad Susanto, 2008 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana,

Ahmadi, Abu & Supriyono, Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Aris Shoimin, (2016) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013,Yogyakarta :Ar-Ruzz Media,

Burhan Nurgiantoro,(2013) Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta,

Dadan Suwarna, (2012). Cerdas Berbahasa Indonesia, Tangerang: Jelajah Nusantara,

Edi Suyanto, (2009) Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah, Yogyakarta: Ardana Media,

E.Zainal Arifin, (2008) Cermat Berbahasa Indonesi untuk PerguruanTinggi, Jakarta: Akademika Pressindo,

Henry Guntur Tarigan,(2008) Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Bumi Aksara,

Imas Kurniasih,(2015) Ragam Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru, Kata Pena:,

Iskandar wassid, (2011) Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset,

Miftahul Huda, (2014) Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Puji Santosa, (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Jakarta: Universitas Terbuka

Sardiman A.M, (2014) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta,: RajaGrafindo,

Setyawan Pujiono,(2013) Terampil Menulis Cara Mudah dan Praktis dalam Menulis,Yogyakarta: Graha Ilmu,

Sri Ningsih, A.Erna Rochiyati, (2007) Bahasa Indonesia untuk Mahapeserta didik , Yogyakarta

Sugiyono, (2010) Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung,




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.5954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats