PEMBELAJARAN ONLINE PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DIKELAS III SDN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE

Authors

  • Nur Aisyah Rahmawati IKIP SILIWANGI BANDUNG FIP PRODI PGSD
  • Rippi Maya IKIP SILIWANGI BANDUNG

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.5963

Keywords:

Pembelajaran Online, Pemahaman Konsep Matematika, Model Example non Exampel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu informasi bagaimana pemebelajaran matematika selama pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru yang mengajar di kelas III dan 24 orang siswa dari 2 sekolah yang berbeda. 1 orang guru dan 12 orang siswa dari SDN Darma Bakti dan 1 orang guru dan 12 orang siswa dari SDN Sadargalih. Instrument yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan skenario pembelajaran online dilaksanakan dengan baik yaitu menggunakan model pembelajaran example non example. Materi yang diberikan guru berupa handout dan vidio pembelajaran; kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru selama pembelajaran online salah satunya yaitu kewalahan membuat bahan ajar; kesulitan-kesulitan yang di alami siswa salah satunya yaitu jaringan internet tidak stabil menjadi siswa kesulitan menerima materi dan mengirim tugas dengan tepat waktu; respon guru dan siswa terhadap pembelajaran online yaitu sama-sama merespon baik; bahan ajar, LKS dan tugas-tugas yang diberikan kepada siswa sudah layak untuk dipakai dan sesuai indikator pembelajaran kurikulum; dan upaya yang dilakukan guru selama pembelajaran online agar berjalan dengan efektif guru dan siswa menyepakati aplikasi whatssapp yang akan digunakan dan guru harus menyiapkan bahan ajar yang kreatif dan inovatif supaya kegiatan pembelajaran menyenangkan.

References

Ardiansyah, I. (2013). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah B. Uno&Nurdin, Mohammad. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartley, D. E. (2001). Selling E-Learning, American Society for Training and Development, [e-book]. Available at: [Accessed 29 June 2020].

Kamarga, H. (2002). Belajar Sejarah Melalui E-learning. Jakarta : PT. Intimedia.

Rahayu, Setya. (2012). Pengaruh Pendeketan Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 5(3). Juli 2012.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Relajar.

Wijayanti, T. (2011). Pengembangan Student Worksheet Berbahasa Inggris SMP Kelas VIII pada Pembelajaran Aljabar Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Berbasis Kontruktivisme. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rohmah, Atik Winarni. (2011). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas V SDN 01 Gumpang Tahun 2010/2011. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2022-07-17

Issue

Section

Articles