Pembelajaran matematika berbasis kooperatif tentang operasi hitung pembagian pada Siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing

Authors

  • Setiawan Setiawan PGSD IKIP SILIWANGI
  • Faridillah Fahmi Nurfurqon PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i2.6029

Keywords:

Metode, Aktive Learning, snowball throwing, Matematika

Abstract

Siswa sangat baik dalam merespon pembelajaran yang sampaikan mulai dari apersepsi sampai dengan menyimpulkan materi yang disampaikan. Siswa juga mulai aktif bertanya saat pembelajaran berlangsung, rasa ingin tau mereka juga cukup tinggi dengan materi yang di sampaikan. Pada saat guru menerapkan metode Snowball Throwing siswa juga sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pada saat mengerjakan soal evaluasi yang disiapkan guru siswa lebih teliti dalam mengerjakan. Dari hasil tersebut, diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dan sudah mencapai standar ketuntasan minimal. Siswa mulai terbiasa menggunakan metode snowball throwing
sehingga skor aktivitas siswa meningkat hingga 90 (sangat baik). Dan
mayoritas siswa sudah dapat menjawab yang sesuai dengan
pernyataan yang telah disajikan dan secara tidak langsung siswa terlibat
dalam proses pembelajaran aktif. Siswa yang telah memahami materi dengan
baik dapat dilihat dari siswa dapat menjawab soal yaitu dengan mengerjakan
uji kompetensi. Kenaikan rata- rata kelas dari kegiatan 1 sebesar 40 % menjadi 85% pada kegiatan 2 serta tingkat ketuntasan dari kegiatan 1 siswa yang mencapai ketuntasan dari hasil tes akhir siklus sebesar 40% siswa yang tuntas yaitu sebanyak 8 siswa, dan kegiatan 2 hasil yang diraih siswa semakin meningkat menjadi 85% siswa yang tuntas yaitu 17 siswa.
Keywords: Metode, Aktive Learning, snowball throwing, Matematika

Author Biography

Faridillah Fahmi Nurfurqon, PGSD IKIP SILIWANGI

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOOPERATIF TENTANG OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

References

Diakses pada tanggal 5 oktober 2019. Muhammad, Persada Arni. 2002. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Murtono. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa di SDN Kudus. Tersedia pada http://garuda.dikti.go.id/. Diakses tanggal 2 oktober 2019. Noviza, Nurjihan Ade. 2010. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Sejarah Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Kelas Viii B Mts Sudirman Jimbaran 2009/2010. Tersedia pada http://garuda.dikti.go.id/. Diakses pada tanggal 2 oktober 2019. Nurhasanah, Iba Muhibba dan Lubna Assagaf. 2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI kelas 2. Jakarta : CV Arya Duta Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departmen Pendidikan Nasional. Safitri, Dyan Tunggal (Ed). 2011. Metode Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Artikel. Tersedia pada http://web.sdikotablitar.sch.id. Diakses pada tanggal 2 oktober 2019. Sudjana, Nana. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru. Sugiyono. Metode Penelituan Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Suherman, Erman. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles