PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD DALAM PEMBELAJARAN IPS KERAGAMAN SUKU BANGSA

Novi Yanti(1*), Hana Sakura(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) Ikip siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu,(1).Skenario dan implementasi penerapan model contextual teaching and learning pada siswa kelas IV SD dalam pembelajaran IPS keragaman suku bangsa, (2). Respon guru dan siswa terhadap penerapan model contextual teaching and learning pada siswa kelas IV SD dalam pembelajaran IPS keragaman suku bangsa, (3). Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SD kelas IV dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran IPS keragaman suku bangsa.Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran keragaman suku bangsa Indonesia di sekitar siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning  (CTL). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), angket, interview (wawancara), dokumentasi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di salah satu SD negeri di Kecamatan Cimahi Tengah yang berjumlah 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran IPS menggunakan model model contextual teaching and learning .

References


Ameliah, R. (2013). HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS V MI DARUL ISTIQAMAH KEC. PATTALASSANG KAB. GOWA. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan (CTL) Contextual Teaching And Learning. 3, 196–202.

Hadijah, S. (2018). ANALISIS RESPON SISWA DAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.1109/robot.1994.350900

Muhaimin, dkk (2017). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Koentjaraningrat. (2012). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Komalasari, Kokom (2013). Pembelajaran Contextul: Konsep Dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Adiatama

Resnick, L.B (1987) Education and Learning to Think. Washington. D.C: National Academy Press

Suryahadi, B. W., Marsela, G., Aprianingsih, N., Novitasari, & Aulia, R. 2018. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN TEKS EKSPLANASI DAN PEMANFAATNYA SEBAGAI MATERI AJAR TINGKAT SMK. 73–264.

Suparlan. (2019). Kesukubangsaan Dan Posisi Orang Cina Dalam Masyarakat Majemuk Indonesia. Jurnal Antropolgi Indonesia. http//journal.ui.ic.id

Usman dan Nurdin. (2002). Kontek Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Setiawan, Guntur. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Zulaikha, S., Ganing, N. N., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Bermedia Powerpoint Terhadap Keterampilan Membaca Pada Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Gugus I Kuta Badung. (6).




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.6217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats