PEMBELAJARAN ONLINE PENJUMLAHAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SD KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Yusuf Prabowo(1*), Muhammad Ghiyats Ristiana(2)

(1) Ikip Siliwangi
(2) Ikip Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu,(1). Skenario dan implementasi pembelajaran online yang telah dilaksanakan guru di Kelas III SD pada materi penjumlahan pecahan, (2).Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran online,(3).Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran implementasi pembelajaran online yang telah dilaksanakan guru secara objektif pada kemampuan siswa, cara belajar siswa, minat belajar siswa, dan sebagainya.Instrumen Penelitian ini yaitu Tes tertulis, angket, interview (wawancara), dokumentasi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Kelas III di Cikalongwetan yaitu SDN 1 Ekacita dan SDN 2 Ekacita yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 4 orang siswa kemampuan tinggi, 4 orang kemampuan sedang, 4 orang kemampuan rendah.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran online materi penjumlahan pecahan menggunakan model contextual teaching and learning .

References


Ameliah, R. (2013). HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS V MI DARUL ISTIQAMAH KEC. PATTALASSANG KAB. GOWA. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dabbagh, N. and Ritland. B.(2005). Online Learning Concepts, Stratrgies And Application. Ohio: Pearson.

Desmita, D.(2015). Psikologi Perkembangan, Cet. Ke-9. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

AMELIAH, R. (2013). HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS V MI DARUL ISTIQAMAH KEC. PATTALASSANG KAB. GOWA. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hadijah, S. (2018). ANALISIS RESPON SISWA DAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.1109/robot.1994.350900

Sariningsih, Ratna. (2014). “Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp.” Infinity Journal 3 (2):150. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.60.

Shoimin, Aris. (2014). 68. Model pembelajaran inovatif dan kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryahadi, B. W.Marsela, G., Aprianingsih, N., Novitasari, & Aulia, R. 2018. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN TEKS EKSPLANASI DAN PEMANFAATNYA SEBAGAI MATERI AJAR TINGKAT SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). 73–264.

Zulaikha, D. (2014). Korelasi kemampuan membaca pemahaman dengan menulis karangan narasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.6219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats