Pembelajaran Mengenal Pecahan Nilai Uang Pada Siswa SD Kelas II Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Teams Game Tournament
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i5.6282Keywords:
Kata Kunci, Pecahan nilai uang, Teams Game Tournament, Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk menelaah skenario dan implementasi pembelajaran mengenal pecahan nilai uang. Respon guru dan siswa mengenai pembelajaran mengenal pecahan nilai uang. Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa SD kelas II dalam menyelesaikan tugas – tugas soal cerita. Yang melibatkan model cooperative learning type teams game tournament pada siswa SD kelas rendah khususnya kelas II. . Penelitian ini dilandaskan dengan permasalahan tentang rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran mengenal pecahan nilai uang. Tujuan penelitian dapat dicapai dengan metode penelitian kuantitatif menggunakan data dan penjelasan oleh teori-teori yang dianggap relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar pengenalan pecahan nilai uang sangat menunjang aktivitas belajar matematika siswa di sekolah dasar.
References
Trys. 2014. Pengertian Pembelajaran di https://trys99.wordpress.com (diakses pada 19 November 2019)
Agus Krisno Budiyanto, H. Moch. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning. Malang: Universitas Muhammadiyah
Ahman, Eeng. 2017. Membina Kompetensi. Bandung: PT. Grafindo Media Pratama
Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Hasan, Ahmad. 2010. Mata Uang Islami. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Oesman, Soeharto. 2017. Kesetaraan Nilai uang di www.wikipedia.com (diakses pada 19 November 2019)
Kasiram. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Sardjonopermono , Iswardono. 2016. Uang Dan Bank. Yogyakarta :Universitas Gadjah Mada
Sugiyono 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kwalitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta
Suherman dan Sukjaya. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaks
anakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusumah.
Suherman, E. (2001). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka