KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK UNTUK SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN

Authors

  • Midah Midah IKIP Siliwangi
  • Siti Ruqoyyah IKIP SiliwangiKEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK UNTUK SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i2.6354

Keywords:

Pemahaman Matematik, Contextual Teaching and Learning

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, 1) kemampuan pemahaman matematik untuk siswa SD kelas IV dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan, 2) persamaan dan perbedaan kemampuan pemahaman matematik untuk siswa SD kelas IV dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan, 3) relevansi kemampuan pemahaman matematik untuk siswa SD kelas IV dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur yaitu dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan yang sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dan dianggap bisa menjawab rumusan masalah yang sudah dirancang sebelumnya oleh peneliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian yang diambil dari dua skripsi dan satu jurnal tersebut, siswa mengalami peningkatan pada pembelajaran pemahaman matematik untuk siswa SD kelas IV dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan.

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 68–78. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/3890

Asfuri, N. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 06 Ngringo Karanganyar. 2(2), 53–62. https://www.mendeley.com/catalogue/67207712-3bd6-321f-8d7b-d4d2c0cba10f/?utm_source=desktop

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan (CTL) Contextual Teaching And Learning. Journal of Education Technology, 3(3), 196–202.

Hamida, S. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana dalam Soal Cerita melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III MI Darul Hijroh Surabaya. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. http://digilib.uinsby.ac.id/27230/

Hidayati, Y. M. (2012). Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Metode Contextual Teaching and Learning (Ctl) Di SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1), 86–94.

Nafi’an, M. I. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Menjumlahkan Dan Mengurangkan Berbagai Bentuk Pecahan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa SD Negeri di Kecamatan Ngunut. PENA SD(Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar), 1(1), 78–86.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25.

Restu, N. K., Ruqoyyah, S., & Samsudin, A. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas III SD dengan Menggunakan Model Project Based Learning. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(3), 73–81.

Rismawati, M., & Yunista, Y. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Kelas III meggunakan Pembelajaran CTL. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.404

Ruqoyyah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa MA melalui Contextual Teaching and Learning. Jurnal P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 85–99. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p85-99.1052

Sholihah, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan pada Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Tlogoagung Kembangbahu Lamongan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/27330/1/Riris Sholihah_D97214096.pdf

Wicaksono, A. B. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Operasi Hitung. http://eprints.ums.ac.id/22438/9/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Yuswita. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MIS Nurul Hadina Patumbak. Universitas Islam Negeri Raden Intan. http://repository.uinsu.ac.id/5758/1/SKRIPSI YUSWITA NIM. 36.14.4.045.pdf

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles