PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zulharmansyah Zulharmansyah STKIP Majenang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.6462

Abstract

Abstract

 

This  research  is  a  research  and  development  study  on  Thematic  learning  in  one  grade  elementary schools.  This research  and development  is carried out  in stages:  potential problems,  collecting data, product design, design validation, design revisions, trials, product revisions, usage trials. This study aims to: (1) produce  Thematic  learning  based student worksheets suitable for class I thematic learning; (2) and find out  the  effectiveness of the  application of Thematic  learning  based Student  Worksheets through  pretest  and posttest. Data collection was carried out at SD Negeri Rejodadi 01 and SD Negeri Rejodadi 04. The research phase is to define, design, develop and disseminate. The level of eligibility of student worksheets was obtained from expert validators and practitioner validators analyzed. After being validated and revised, the product is tested on  a  limited  basis  on  students.  The  results  of  the  limited  trial  are  then  analyzed  to  determine  the feasibility  of  the  student  worksheet  from  the  student's  perspective.

Keywords: LKS, thematic, Multimedia, curriculum 2013

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) pada pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD) kelas I. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tahapan: potensi masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba, revisi produk, uji coba pemakaian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan lembar kerja siswa berbasis karakter yang  cocok  digunakan  untuk  pembelajaran  tematik  kelas  III;  (2)  dan  mengetahui  efekrivitas  dari penerapan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis karakter melalui pretes dan postes. pengambilan data dilakukan di SD Negeri Rejodadi 01 dan SD Negeri Rejodadi 04. Fase penelitian adalah   mendefinisikan,   merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Tingkat kelayakan lembar kerja siswa diperoleh dari validator ahli  dan  validator  praktisi  yang dianalisis.  Setelah  divalidasi  dan  direvisi,  produk  diuji  secara  terbatas pada siswa. Hasil uji coba terbatas kemudian dianalisis untuk menentukan kelayakan lembar kerja siswa dari sudut pandang siswa.

 

Kata Kunci: LKS, Tematik, kurikulum 2013

References

Undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003.

Lestari, Ika.2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Akademia Permata: Padang.

Prastowo A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Siddiq MD, I Munawaroh, & Sungkono 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Ditjen Dikti Diknas.

Trianto. 2011, Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang PressAndi Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Prastowo A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Nyamupangedengu E. 2009. Worksheet and Learning in South African Museums (Thesis). Johannesburg: University of the Witwatersrand.

Dood J & C Jones. 2010. Redefining The Role of Botanic Gardens – Towards a New Social Purpose.

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles