KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Riva Haffah Fauziah
  • Siti Ruqoyyah

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.6556

Keywords:

Pemahaman Konsep, Bangun Ruang, Contextual Teaching and Learning

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep adalah sebuah kompetensi dimana harus dikuasai siswa kelas V SD dalam mata pelajaran matematika dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini agar dapat mengetahui gambaran model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam kemampuan pemahaman pada siswa kelas V. Siswa cenderung sulit memahami materi bangun ruang karena kurangnya kemampuan siswa belajar aktif disebabkan guru masih kurang efektif dalam menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran CTL digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti dapat menjelaskan dan memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya pada kemampuan pemahaman konsep materi bangun ruang. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil skenario pembelajaran kemampuan pemahaman konsep pada siswa SD kelas V melalui model CTL menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan siswa yang signifikan dari jumlah hasil pretest 62% golongan kurang baik menjadi 82% pada hasil posttest golongan sangat baik. Respon guru menyatakan peneliti sangat baik dalam mengajar kemampuan pemahaman melalui model CTL. Respon siswa menyatakan pendekatan CTL sangat menyenangkan karena siswa mampu mempelajari bangun ruang berdasarkan kejadian yang telah dihadapi siswa pada kehidupannya. Kesulitan siswa SD kelas V dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam kemampuan pemahaman konsep terdapat pada indikator pemahaman konsep dalam pemahaman konsep bangun ruang prisma segitiga.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles