Analisis pembelajaran bahasa sunda Siswa kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i2.6670Keywords:
analisis pembelajaran bahasa, bahasa SundaAbstract
Berkomunikasi untuk tingkat Internasional, paling umum bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, untuk komunikasi nasional. Bahasa Indonesia, dan untuk komunikasi di tingkat daerah para regulator umumnya menggunakan bahasa daerah. Bahasa Sunda sama dengan bahasa daerah lainnya, berada pada tingkat ketiga penggunaan bahasa dunia, begitu banyak siswa menilai mata pelajaran bahasa daerah di Jawa Barat kurang menarik untuk dipelajari. Di tingkat pendidikan, upaya untuk mengubah asumsinya guru bahasa Sunda harus dapat menyiasati sehingga siswa dapat tertarik dengan bahasa daerah dengan membuat strategi pembelajaran yang memadai.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek (Edisi Revisi v). Jakarta: Rineka Cipta
Anitas, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: ERLANGGA.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Noor, Adi. 2012. Modul Belajar dan Pembelajaran. Palangkaraya: Universitas Palangkaraya.
Suparno, Paul. 2004. Riset Tindakan Untuk Pendidik, Jakarta: Gramedia
widiasarana Indonesia.
Trianto. 2004. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Kontruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tut Sayoga. 2004. Creayive Mind Kekuatan Visualisasi, Jakarta: Elek
Media Komputindo.
Yus Rusyana. 1984. Bahasa dan Sastra dalam gamitan pendidikan,
Bandung: Dipenogoro.
Yuyus Rusttandi. 2013. Bahasa dan Sastra Sunda, Bogor: PUSAT STUDI
HUKUM DAN DEMOKRASI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.