Analisis pembelajaran bahasa sunda Siswa kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Winda Lucyanti PGSD IKIP SILIWANGI
  • Sylvia Rabbani PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i2.6670

Keywords:

analisis pembelajaran bahasa, bahasa Sunda

Abstract

Berkomunikasi untuk tingkat Internasional, paling umum bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, untuk komunikasi nasional. Bahasa Indonesia, dan untuk komunikasi di tingkat daerah para regulator umumnya menggunakan bahasa daerah. Bahasa Sunda sama dengan bahasa daerah lainnya, berada pada tingkat ketiga penggunaan bahasa dunia, begitu banyak siswa menilai mata pelajaran bahasa daerah di Jawa Barat kurang menarik untuk dipelajari. Di tingkat pendidikan, upaya untuk mengubah asumsinya guru bahasa Sunda harus dapat menyiasati sehingga siswa dapat tertarik dengan bahasa daerah dengan membuat strategi pembelajaran yang memadai.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek (Edisi Revisi v). Jakarta: Rineka Cipta

Anitas, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: ERLANGGA.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Noor, Adi. 2012. Modul Belajar dan Pembelajaran. Palangkaraya: Universitas Palangkaraya.

Suparno, Paul. 2004. Riset Tindakan Untuk Pendidik, Jakarta: Gramedia

widiasarana Indonesia.

Trianto. 2004. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi

Kontruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tut Sayoga. 2004. Creayive Mind Kekuatan Visualisasi, Jakarta: Elek

Media Komputindo.

Yus Rusyana. 1984. Bahasa dan Sastra dalam gamitan pendidikan,

Bandung: Dipenogoro.

Yuyus Rusttandi. 2013. Bahasa dan Sastra Sunda, Bogor: PUSAT STUDI

HUKUM DAN DEMOKRASI.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles