PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA (POWERPOINT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Nangela)

Authors

  • Gilang Mas Ramadhan STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.6732

Keywords:

Multimedia, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah dasar.

Abstract

Motivasi yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran adalah salah satu hal yang penting, guna menciptakan efektifitas serta efisiensi pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas, maka untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya pemanfaatan media ajar secara optimal terutama yang berbasis multimedia, karena penggunaan multimedia ini belum mendapatkan perhatian lebih dari para pendidik,  dengan berbagai alasan. misalnya saja terbatasnya waktu untuk menyiapkannya, sulit mencari media yang tepat, dan juga tidak tersedianya cukup dana. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia berbasis powerpoint terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Nangela kab. sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian One- Group Pretest-Posttest Design. dengan Sampel penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket, Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan multimedia dalam pelaksanaan pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik, hal ini ditunjukan dari nilai rata-rata yang didapat siswa sebelum diberikan treatment sebesar 54, dan nilai rata-rata setelah diberikan treatment sebesar 80. Dari data hasil uji t menunjukan bahwa nilai t sebesar 40,307 Sig 0,000 lebih kecil < 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulan bahwa penggunaan multimedia berbasis powerpoint ini memberikan pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Nangela.

References

Ampa, Andi Tenri. (2013). The Implementation of Multimedia Learning Materials in Teaching English Speaking Skills. International Journal of English Language Education. 1(3).

Brophy, Jere. (2010). Motivating Student to Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Fadli, M Syamsul. Ikawati, Diah Hastuti. (2017). Penggunaan Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2(2).

Maksum, Ali. (2012). Metodologi Penelitian. Surabaya: Unesa University.

Miarso, Y. (2009). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Muttaqien, Z. (2011). Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah. Artikel Ilmiah. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

Parker, Walter C. (2010). Social Studies Today Research and Practice. New York: Routledge

Rajendra, I Made. Sudana, I Made. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology To Enhance Achievement Student on Practice Skills in Mechanical Thechnology. Journal of Physics: Conference Series. 953-012104.

Rayandra, Arsyar. (2012). Mengembangkan pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta

Sanjaya, Wina (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Surahman, Edy. Mukminan. (2017). Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN: 2460-7916.

Suri, Findy. Mariatin, Emmy. (2017). Pengaruh Pencahayaan Ruang Kerja Terhadap Stress Kerja Karyawan Biro Perencanaan Universitas Sumatra Utara. Jurnal Diversita. 3(2). E-ISSN 2580-6793.

Surjono, Herman. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep Dan Pengembangannya. Yogyakarta: UNY Press.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Rajawali Press.

Ulfa, Maria. Bania, Allif Syahputra. (2019). ELF Students Motivation in Learning English in Langsa Aceh. Studies in English Language And Education. 6(1). 163-170. E-ISSN 2461-0275.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles