PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 1 Pasirhalang)

Authors

  • Zenal Abidin STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.6733

Keywords:

Keterampilan menulis, media gambar, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang muncul terkait dengan masih rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini yaitu one group pretest and posttest design. one group pretest and posttest desig adalah suatu teknik untuk mengetahui efek dari sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pada kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melakukan tes menulis karangan narasi atau unjuk kerja. Objek yang dijadikan penelitian yaitu siswa kelas V SDN 1 Pasirhalang  yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan media gambar seri terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V  setelah menggunakan media gambar seri mengalami peningkatan yaitu 62% dengan kriteria baik sekali. Dari data hasil uji t menunjukan bahwa nilai t = 12,078 dan Sig. = 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan digunakannya media gambar berseri terhadap peningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 5 siswa sekolah dasar.

References

Andayani, tuti. (2015). Improving students’ ability in writing narrative text by using Picture series at the eighth grade students of smp negeri 03 Sindang kelingi. Journal of Linguistics and Language Teaching, 2(2).

Azhar Arsyad (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Burhan Nurgiyantoro (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis . Depok : PT RAJA GRAFINDO PERSADA

Lidyawati, Tri & Nirwanto, Rahmadi. (2016). The Effectiveness Of Picture Series

Maksum, Ali. (2012). Metodologi Penelitian. Surabaya: Unesa University.

Sri Anitah W, dkk (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Subana dan Sunarti (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.

Suparno dan Mohamad Yunus (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tafonao, Talizaro. (2018).Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles