PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP NILAI KREATIF SISWA

Azizah Azizah, Rahma Safira

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Nobangan pada nilai kreatif  dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan model pembelajaran Nobangan. Jenis penelitian ini adalah  penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 7 langkah menurut Sugiyono, yaitu : 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk dan 7) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif.

Hasil validasi dari penelitian ini meliputi validasi silabus,  RPP, dan buku panduan model pembelajaran Nobangan. Hasil validasi silabus sebesar 3,62 dengan kriteria “sangat valid”, validasi RPP sebesar 3,69 memenuhi kriteria “sangat valid”, sedangkan validasi buku panduan model pembelajaran Nobangan sebesar 3,67 dengan kriteria “sangat valid”. Hasil tingkat kepraktisan model pembelajaran Nobangan meliputi respon siswa, guru dan pengamat nilai kreatif siswa. Hasil respon siswa dengan nilai sebesar 3,67 memenuhi kriteria “sangat praktis”, respon guru sebesar 3,53 dengan kriteria “sangat praktis”, dan respon pengamat nilai kreatif siswa sebesar 3,24 kriteria “praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Nobangan pada nilai kreatif siswa kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu memenuhi kriteria valid dan praktis.

Keywords


Model Pembelajaran Nobangan, Nilai Kreatif

Full Text:

PDF

References


Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2017). Pemberian Penguatan ( Reinforcement ) Verbal Dan Nonverbal Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VIII MTSN Seririt. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2).

Aljauharie Tantowie, Tanto. 2014. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Neurosains untuk Meningkatkan Karakter Kreatif, Kerja Keras dan Rasa Ingin Tahu”. Institutional Repository: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Anjaryani, Fina. 2018. “Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Di Sdit Alam Harapan Ummat Purbalingg.” Institut Agama Islam Negeri (Iain).

Azizah, and Mufidah. 2019. “Pengaruh Permainan Nobangan (Permainan Suku Kaili) Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Yang Terdampak Bencana Gempabumi Dan Likuifaksi Di SD Inpres Perumnas Balaroa Palu". Jurnal Dikdas: Universitas Tadulako.

Azizah, Sani, N., Aras, N., & Adriana, L. (2020)."Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili terhadap Nilai Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Moral Kemasyarakatan 5(2). 43-50.

Elfariza, Diona. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Tadir Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hayatinnupus, & Permatasari, I. (2019). Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas I. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, Tahun 28(1), 50–54..

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Makmur, Agung. 2015. “Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Smp N 10 Padangsidimpuan”. Jurnal EduTech 1.

Nur, N. D., Trapsilasiwi, D., & D.S.L, N. (2013). Implementasi Pemberian Penguatan Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Operasi Hitungbentuk Aljabar Di Kelas VIIB SMP Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2012/2. Pancaran, 2(1), 209–216.

Nuralam. 2015. “Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Karya Berharga Dalam Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas Viii Mts. Pesantren Pondok Madinah Makassar.” Uin Alauddin Makassar.

Permatasari, Istinur. 2016. “Kreativitas Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Gede 1 Dalam Memainkan Alat Olahraga Bola Kasti Dan Simpai". Jurnal Student: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats