IPA, Contexstual Teaching and Learning, Sekolah Dasar
Abstract
Proses pembelajaran IPA dapat dioptimalkan dengan mempertimbangkan dan memenuhi beberapa komponen-komponen penting, yaitu mulai dari konsep yang akan diformat guru akan bermakna, kesiapan siswa dalam mengolah dan mengaplikasikan informasi, hingga penataan lingkungan dalam konsep pelaksanaan pembelajaran. Mengingat pentingnya pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA maka kemampuan siswa dalam memahami konsep IPA harus lebih ditingkatkan karena nilai pemahaman konsep siswa tidak hanya sebatas mengetahui tetapi siswa juga mampu menjelaskan kembali materi yang telah diajarkan dengan bahasa sendiri dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SD kelas IV di salah satu SD Kecamatan Padalarang Tahun Pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki 21 laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat cocok untuk dilaksanakan dimana pendekatanini selaras dengan kegiatan pembelajaran student center. Kelebihannya siswa dapat mengekplorasi diri dengan fase atau tahap pada pendekatan tesebut. Ketika pelaksanaan pendekatan dan diterapkan pada materi Sifat-sifat Cahaya sangat memungkinkan siswa untuk bisa kooperatif terhadap siswa lain ataupun guru.