ANALISIS KETERAMPILAN NARATOR DALAM VIDEO PEMBELAJARA MATERI TEKS LAPORAN DI APLIKASI RUANGGURU

Authors

  • Eka Purnama UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.7576

Keywords:

Keterampilan Narator, Video Pembelajaran, Teks Laporan, Aplikasi Ruangguru.

Abstract

Ruangguru merupakan sarana bimbingan belajar online yang menyediakan berbagai soal dan video pembelajaran yang membahas berbagai bidang ilmu, salah satunya bahasa Indonesia yakni genre Teks Laporan.  Penelitian ini difokuskan pada analisis keterampilan narator dalam penyajian materi atau bahan ajar Teks Laporan di aplikasi ruangguru. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode analisis konten. Dengan kata lain, penelitian ini akan mendeskripsikan (1) keyakinan, (2) kepercayaan diri dan (3) keterikatan dalam menyajikan materi teks laporan di video pembelajaran tersebut. Teks laporan disajikan di kelas VI sekolah dasar (SD) dengan kompetensi dasar (KD) 3.1 yaitu  Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. Hasil penelitian menunjukan bahwa keyakinan, kepercayaan diri serta keterkaitan terhadap materi yang dipaparsajikan narator cukup terlihat korelasinya serta kelugasan. Oleh karena itu, keterampilan narator mampu mengemas video pembelajaran dengan menyesuaian syarat tersebut, dengan tujuan memotret keterampilan narator tersebut untuk dijadikan rujukan dalam membuat video pembelajaran.

References

Ariani, Niken dan Haryanto, Dany. (2010). Pembelajaran Multi Media di Sekolah (Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Cahyana, A. D., & Kosasih, E. (2020) Analisis Kelayakan Video Pembelajaran untuk Jenjang SD di Saluran Youtube Ruangguru dan Labedu Channel. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 132-144.

Krippendorff, Klaus. 2004. Content analysis an introduction to its methodology. London: International Education and Professional Publisher.

Kusdiana, A. (2010). Pembelajaran apresiasi sastra cerita terpadu model connected untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 81-82.

Morain, M., & Swarts, J. (2012). YouTutorial: A framework for assessing instructional online video. Technical communication quarterly, 21(1), 6-24.

Nurkholis.(2013). “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologiâ€. Jurnal Kependidikan. JanuariJuni, Vol. 1, No 1, Hlm. 24-44.

Tahir, M., & Elihami, E. (2020). PENINGKATAN VARIASI MENGAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA SEMESTER TIGA DI PRODI PENDIDIKAN NONFORMAL STKIP MUHAMMADIYAH ENREKANG. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 201-209.

Downloads

Published

2021-07-12

Issue

Section

Articles