PEMBELAJARAN DARING MATERI KELILING BANGUN DATAR UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION

Indriyani Indriyani(1*), Siti Ruqoyyah(2)

(1) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(2) PGSD IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas, serta kendala yang dihadapi guru pada saat pembelajaran daring materi keliling bangun datar untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi keliling bangun datar masih rendah. Dalam hal ini peneliti menggunkan pendekatan Realistic Mathematics Education sebagai solusi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 20 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis, observasi, wawancara, dan angket. Adapun hasil penelitian yang dilakukan  adalah untuk skenario dan implementasi menunjukan bahwa siswa dapat belajar dengan baik melalui pengalaman siswa itu sendiri berdasarkan tahapan pendekatan Realistic Mathematics Education. Untuk respon guru sebesar 72,69% dengan kriteria baik, sedangkan respon siswa sebesar 69,06% dengan kriteria baik. Kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas adalah pada saat menentukan strategi atau rumus yang digunakan. Sedangkan kendala yang dialami guru adalah fasilitas dan ekonomi yang kurang mendukung. Dengan demikian, penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education memberikan pengaruh yang cukup efektif terhadap pembelajaran daring materi keliling bangun datar untuk mengukur kemampuan masalah siswa kelas IV SD.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah, Realistic Mathematics Education

References


Amaliyah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JTIEE, 4(2), 1–8. http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v4i2.2190

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (revisi 201). Jakarta: Rineka Cipta.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ripai,I., N. S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash untuk Sekolah Dasar. Sis. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 130–137. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2188

Kelen, W. M. D. E. L. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. PROSIDING SENDIKA: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo, 6(2). http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19). (online) diakses tanggal 11 Juli 2021 melalui https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, vol 19, 262–267.

Nirmalitasari, O. S. (2012). Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start Pada Materi Bangun Datar. EJurnal. Unesa.ac.id, 1(1). 1–8.

Nursiyami, Y. B. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dan Realistic Mathematics Education (Rme) Materi Bangun Datar Kelas IV MI Negeri 3 Tulungagung. Skripsi (Online). IAIN Tulungagung, Jawa Timur diakses tanggal 14 Agustus 2021 melalui http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7675

Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23

Rusmiati, & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas II SD Pada Materi Mengkur Berat Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education.COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) , 4(1), 31–40.

Sari, W. S. (2018). Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Luas Dan Keliling Bangun Datar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Soko 2. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Sukmawati, S., & Amelia Risma. (2020). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal materi segiempat berdasarkan teori Nolting. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 223. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.423-432

Sumantri. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Taradisa, N., Jarmita, N., & Emalfida. (2020). Kendala yang dihadapi Guru Mengajar Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 5 Banda Aceh. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar., 12(02), 141-154

Wijayanti, S. (2016). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 1 Pulokulon. Magistra, 28(95), 82–88.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.8266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats