Pembelajaran daring pemahaman konsep matematika materi kesetaraan pecahan mata uang dengan menggunakan media gambar

Authors

  • Siti Nurhaliza Usman PGSD IKIP Siliwangi
  • Ruli Setiyadi PGSD IKIP Siliwangi
  • Faridillah Fahmi Nurfurqon PGS IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.8374

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pemahaman Konsep Matematika, Media Gambar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah agar siswa dapat lebih mudah mengelompok uang yang bernilai setara dan berbeda bisa ditukar, belajar mengenal jenis-jenis uang rupiah terbaru disertai gambar uang aslinya pada saat proses pembelajaran daring yaitu proses belajar yang dilakukan secara online atau tidak bertatap muka. Siswa akan lebih mudah memahami, mengetahui, membaca, menentukan angka dan jumlah uang itu sendiri dalam pemahaman konsep matematika pada saat proses pembelajaran daring dengan bantuan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil perhitungan rata-rata skor test siswa adalah 95% hal ini menunjukan respon baik dan hasil perhitungan angket siswa adalah 33 dalam presentase 66% berdasarkan kriteria hasil angket menunjukkan respon baik. Sedangkan hasil wawancara diketahui bahwa siswa masih tergolong rendah terbukti pada saat diberikan sebuah pertanyaan berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika, hasil wawancara diperoleh informasi bahwa siswa belum mampu menjelaskan pecahan mata uang dengan kata-kata sendiri, siswa belum mampu dalam menyebutkan/menentukan nilai pecahan mata uang yang bukan dari contoh sehingga konsep dalam penyelesaian masalah yang diberikan tidak dapat terselesaikan dan jawaban yang diberikan tidak tepat. Siswa hanya mampu menjawab sesuai konsep yang diberikan contoh. Untuk itu, pentingnya pemahaman konsep dalam matematika agar siswa dapat mengelompokkan objek atau kejadian kedalam contoh atau bukan contoh.

References

Abdullah, M. H. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas II Di SDN Belahantengah Mojokerto. JPGSD, 02(03), 1–11.

Afrilianto, M. 2012. “Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking.†Infinity Journal 1(2): 192.

Ali Sadikin, Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ).†BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(2): 214–24.

Amir, Almira. 2016. “Penggunaan Media Gambardalam Pembelajaran Matematika Almira.†Jurnal Eksakta 2(1): 34–40.

Anggraeni, Bunga Isra, and Fitrani Dwina. 2019. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ).†Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika 9(3): 20–27.

Handarini, Oktafia Ika, and Siti Sri Wulandari. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19.†Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(3): 496–503.

Isma Afriyanti, Fadillah, Sukmawat. 2013. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Negeri.†jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa 2(2).

Melinda Rismawati, Anita Sri Rejeki Hutagaol. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip Persada Khatulistiwa Sintang.†Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 4(21): 1–9.

Patterns, O. T. (2013). Eksplorasi Proses Konstruksi Pengetahuan Matematika Berdasarkan Gaya Berpikir. Jurnal Sainsmat, II(2), 140–152.

Putra, Erik Ade. 2015. “Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk PadanG (Penelitian Deskriptif Kuantitatif).†Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1(3): 71–76.

Rahmat, Pupu Saeful. 2009. “Penelitian Kualitatif.†Equilibrium 5(9): 1–8.

Rigianti, Henry Aditia. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara.†Elementary School 7(2): 1–8.

Sapriyah. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 3(1): 470–77.

Sari, Pramitha. 2017. “Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan Pmri.†Jurnal Gantang II(1): 41–51.

Thityn Ayu Nengrum, Najamuddin Petta Solong dan Muhammad Nur Iman. 2021. “Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo.†Jurnal Pendidikan 30(1): 1–12.

Yuswanti. 2014. “Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT . Lestari Tani Teladan ( LTT ) Kabupaten Donggala.†Jurnal Kreatif Tadulako Online 3(4): 185–99. jurnal.untad.ac.id.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles