Pembelajaran daring pada materi menemukan pesan dalam cerita rakyat dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media youtube Pada siswa kelas iv sd harapan kasih

Authors

  • Diana Sukmawaty SD Harapan Kasih
  • Ronny Mugara IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i2.8778

Keywords:

Daring, Pesan Cerita Rakyat, Pendekatan Saintifik.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran kemampuan berfikir kritis pembelajaran daring pada materi menemukan pesan dalam cerita rakyat dengan menggunakan pendekatan saintifik  berbantuan  media youtube pada siswa kelas IV SD Harapan Kasih. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Harapan Kasih Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 69 orang yang terdiri dari 33 orang siswa laki-laki dan 36 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal menjawab pertanyaan menemukan pesan dalam cerita rakyat, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya pendekatan saintifik. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata kelas dalam materi menemukan pesan dalam cerita rakyat sebesar 93,23 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar  100 dan nilai terendah sebesar 53. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 3,3% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.

 

 

References

Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi

Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia,

Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung-Indonesia.

Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi

Aksara.

Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No

Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad

Bogor : Ghalia Indonesia.

Kosasih, E. (2006). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung:

Kiblat Buku Utama.

Kosasih, E. (2012). Bahasa Indonesia: Berbasis Kepenulisan Karya Ilmiah dan

Jurnal. Bandung: Penerbit CV.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Rusiana (1982).Metode Pengajaran Sastra. Bandung : CV.Gunung Larang.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Septiaji, A., & Syarifah, E. F. (2017). Implementasi Gagasan dalam Karya Tulis Ilmiah. Ciamis:

CV. Insan Cerdas Bermartabat

Zulfahnur. 1998. Teori Sastra. Jakarta: Depdikbud.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles