Pembelajaran daring pada materi gaya magnet dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme pada siswa kelas IV SDN 218 Sarijadi

Authors

  • Iyam Maryam Sdn 218 Sarijadi
  • Hana Sakura Putu Arga PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.8896

Keywords:

Gaya Magnet, Model konstruktivisme

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi untuk mengikuti pembelajaran sains dan rendahnya hasil belajar pada siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai skenario, implementasi, respon guru dan siswa terhadap pembelajaran gaya magnet dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme, serta untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dan kendala yang dihadapi guru selama pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 218 Sarijadi Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, angket, wawancara, dan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep materi gaya magnet siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivisme  dalam materi gaya magnet  siswa sudah menunjukkan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil postes sebanyak 88% siswa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal dan 12% lainnya mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut tak lain juga didukung oleh skenario pembelajaran guru di kelas yang dilaksanakan sesuai dengan RPP. Respon guru dan siswa menunjukkan hal yang positif dilihat dari observasi dimana siswa turut aktif dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Namun, masih ada kesulitan yang dihadapi siswa, yaitu kurangnya ketelitian siswa dalam mengerjakan soal.

References

Afza, E., (2011), Pembuatan Magnet Permanen Ba-Hexa Ferrite (BaO.6Fe2O3) dengan Metode Koopresipitasi dan Karakterisasinya, Skripsi, FMIPA, USU, Medan.

Abimanyu, Soli. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Karfi, H, dkk. (2002). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi.

Hikmah Uswatun Ummi, I. M. (2016). Penerapan Teori Konstruktivtik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di IAIN. Jurnal Indonesia Language Education and Literature, 1(No 2), 43–44.

M. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Arr-Ruzz Media.

Muslich, Mansur. 2007. KTSP. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Suryatin, Budi. Fisika IX. Jakarta : PT Grafindo, 2008.

Suyono & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet.ke-6,h.105

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles