Pembelajaran Daring Menggambar Kelas 1 SD Menggunakan Metode Picture and Picture

Elis Kartini(1*), Febri Restu Widianto(2)

(1) PGSD IKIP Siliwangi
(2) Universitas Bale Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan menggambar siswa dalam menyelesaikan soal pembelajaran daring materi menggambar adalah salah satu masalah yang menjadi pembahasan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode picture and picture pada materi menggambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, melalui metode ini peneliti mencoba untuk menggambarkan situasi dan proses pada kegiatan pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kiarapayung I yang berada di Kabupaten Bandung. Dari hasil penelitian bahwa siswa kelas I senang dengan pembelajaran daring materi menggambar dengan menggunakan metode picture and picture, selain itu siswa dan guru menunjukan respon yang positif terhadap pembelajaran daring materi menggambar dengan menggunakan metode picture and picture, namun masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pembelajaran daring materi menggambar karena sulit memahami dalam indikator karya tiga dimensi membuat komposisi bentuk dan warna. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan menggambar menggunakan metode picture and picture pada pada indikator karya tiga dimensi membuat komposisi bentuk dan warna, dan generalisasi tergolong rendah dan perlu diberikan latihan-latihan soal yang rutin agar siswa terbiasa menyelesaikan soal yang sulit.

 


Keywords


Pembelajaran daring, Menggambar, Picture and picture.

References


Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Euis, K. (2011) Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak, Jakarta: Kencana.

Fauziah, (2014) "Penerapan model kooperatif tipe picture and picture pada materi peninggalan sejarah di sekolah dasar negri banda aceh" dalam jurnal pesona dasar, Vol. 2 No. 3, hal 79-87

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Haq, Saiful, Jurus-jurus Menggambar Dan Mewarnai Dari Nol, Yogyakarta: Mitra Barokah Abadi Pres, 2009.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kurniasih, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Unuk Peningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Aswada Pressindo.

Purbo, Y. (2012). Cupcake Decorating: Seni Menghias 21 Kreasi Cupcake Step by Step. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Susilawati, L. N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B. e-jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 87.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.9214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats