UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS V SDN GELANGAN 6

Authors

  • Romi Indriana PPG PGSD Universitas Negeri Yogyakarta
  • Asri Widowati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Eko Hari Susanto Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9497

Keywords:

Kata Kunci, PBL, motivasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya motivasi belajar di kelas V SDN Gelangan 6 Magelang. Siswa merasa malas, tidak tertantang dan tidak menyelesaikan atau mengikuti kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Gelangan 6 dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Gelangan 6 melalui model pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua pertemuan setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gelangan 6 Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus I 72% dan siklus II sebesar 83% . Skor motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 3,16 dan siklus II sebesar 3,44. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di masa pandemic.

References

Hafida, dkk. (2020) Penurunan Motivasi dan Keaktifan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pembelajaran Darinng di Tengah Pandemi Covid 19. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hidayati. (2002) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Iswandono . (2017) Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Sarikarya dalam Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Mind Mapping. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Makmun, Abin Syamsuddin. (2009) Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. (2005) Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Siregar, Evelinde & Hartini Nara. (2014) Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2011) Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VII. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2012) Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Yuni Kurnia Sari. (2018) Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Bengkulu : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles