Pembelajaran daring materi perkalian bilangan cacah siswa SD dengan metode jarimagic pada siswa kelas IV SD Al Basyariyah i

Authors

  • Ujang Cahyadi " PGSD IKIP SILIWANGI "
  • Sylvia Rabbani PGSD IKIP SILIWANGI
  • Medita Ayu Wulandari PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.9537

Keywords:

online learning, jarimagic, learning outcomes

Abstract

Penelitian iini idimaksudkan iuntuk imenjabarkan ipembelajaran idaring isiswa ikelas iIV iSD iAl Basyariyah. iHal iini idilatarbelakangi irendahnya ipemahaman ikonsep imatematika isiswa idengan ketidaktepatan imodel ipembelajaran iyang idigunakan idalam imateri ioperasi ihitung iperkalian bilangan icacah. iProses iteknik ipengumpulan idata imelalui ikajian iteoritis idari ijurnal inasional elektronik iterindeks isinta. iPengumpulan idata idilakukan idengan iteknik itest idan inontest. iHasil penelitian iini iadalah ipembelajaran imenggunakan imetode ijarimagic. iHasil ipenelitian iini menunjuakan ipeningkatan idari isiklus iI ike isiklus iII iyaitu ihasil iuji ihipotesis imenunjukan inilai I 40 idan inilai isiklus iII i96 isehingga irata-rata ihasil ipembelajaran idaring imateri ioperasi ihitung bilangan ibulat imenggunakan imodel ikonvensional. isesuai ihasil itersebut idiambil ikesimpulan bahwa metode ijarimagic idengan imedia ijari itangan ilebih iefektif idalam imeningkatkan ihasil belajar dibandingkan idengan imodel ikonvensional idalam ipembelajaran idaring ioperasi ihitung perkalian bilangan ibulat ikelas i4 idi iSD iAl iBasyariyah iBandung iJawa iBarat i

References

Astuti, iP., i& iFebrian, iF. i(2019). iBlended iLearning iSyarah: iBagaimana iPenerapan idan iPersepsi iMahasiswa i. iJurnal iGantang, i4(2), i111-119. ihttps://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560

Auliya, iFajar. i2011 iJarimagic: iperkalian idan ipembagian. iYogyakarta. iPustaka iwidyatama.

Auliya, iM.F. i(2010). iSeminar iPendidikan iBerhitung iDahsyat idengan iJarimagic. i i i i iDiperoleh i24 iNopember i2012 idari ihttp://www.jarimagic.com/. i

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles