STUDI KASUS FENOMENA COOPERATIVE PARENTING GURU DAN ORANG TUA WALI SISWA SD DALAM IMPLEMENTASI PEMBIASAAN BERKARAKTER PADA TRANSISI PEMBELAJARAN HYBRIDE

Authors

  • Feri Tirtoni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9617

Keywords:

Kata Kunci, cooperative Parenting, Tripusat pendidikan, Karakter, Hybride

Abstract

Abstrak

Tripusat pendidikan merupakan sebuah sistem yang masih terus eksis pada saat ini, di dalamnya berisi tentang Bagaimana keterkaitan antara orang tua, pihak sekolah, dan masyarakat sebagai sebuah sistem makro yang akan berkesinambungan dalam membentuk karakter Dan kebiasaan siswa Khususnya pada saat pemulihan pasca pandemi covid 19 ke arah new normal tersebut. di satu sisi kerjasama dalam melakukan observasi kemajuan hasil belajar siswa dan hasil implementasi karakter siswa perlu dilakukan secara berkesinambungan antara pihak guru atau sekolah bersama dengan orang tua. Hal ini tentunya secara langsung mengharuskan para orang tua agar berkomitmen dalam mengembangkan pola asuh atau Parenting terhadap anaknya pada saat mereka berada di rumah bersama para orang tua. Dalam Penelitian ini menggunakan (Document Study) Studi dokumen atau teks merupakan kajian yang menitik beratkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya menurut (Creswell, J. W. 2016). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua dan pihak sekolah dalam mengawal tumbuh kembang kognitif psikomotorik maupun afektif dari siswa melakukan sebuah cara alternatif yaitu cooperative Parenting yang menjadi sebuah tren baru di masyarakat dalam rangka bekerja sama untuk menjadikan Siswa lebih berdisiplin serta bisa mengimplementasikan nilai-nilai karakter dengan baik . Harapannya adalah penelitian ini nantinya dapat menjadi sebuah rujukan dalam rangka membangun sebuah Parenting antara pihak guru dan wali murid ataupun orang tua untuk lebih memahami potensi-potensi yang akan muncul dari siswa yang dapat dikembangkan menjadi sebuah life skill dan soft skill yang akan berguna bagi siswa dimasa depan nanti nya

Author Biography

Feri Tirtoni, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan

References

REFERENSI

Abin Syamsuddin Makmun. (1996). Analisis Posisi Pendidikan. Jakarta : Biro Perencanaan Pendidikan Depdikbud.

Afifuddin, & Saebani, B. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Erlangga.

Akdon. 2006. Strategic Managemen for Educational Management. Bandung: Alfabeta

Aqib, Zaenal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: CV Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rodakarya

Atmaja Prawira, Purwa. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Bandung : Pustaka Setia.

Barron, Paul (2009). Brain Power SD: Aktivitas, Permainan,dan Ide Praktis Belajar di Luar Kelas. Jakarta: Erlangga.

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral. Jakarta : Rineka Cipta

Cipta Nasution, S. 2021. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles