PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCLE LEARNING BERBASIS VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9656

Keywords:

circle learning, Video, literasi Matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran circle learning menggunakan media berbasis video terhadap kemampuan literasi Matematis di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini tidak dipilih secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas V di salah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Bandung, dengan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes kemampuan literasi matematis yang sudah diujicobakan dan angket untuk mengetahui respon siswa. Data yang dianalisis adalah data hasil tes kemampuan literasi matematis siswa yaitu pretes, posttest dan uji perbedaan rata-rata. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran circle learning berbasis video berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa sekolah dasar.

Author Biography

Emas Marlina, Universitas Bale Bandung

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.

Huda.(2013). Cooperative Learning. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Kajian Pustaka (2019). https://www.kajianpustaka.com/2019/09/model-pembelajaran-learning-cycle.html. Diakses 20 Januari 2020

Marlina, E (2019). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik pada Pembelajaran Matematika melalui Cooperative integrated Reading and Composition (CIRC). http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis jurnal metamorfosis vol.12 no. 02 hlm 12-16.

Marlina, E (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339 jurnal padegogik Vol.3 No.2 hal 11-17.

Marlina, E. (2021). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Strategi Meningkatkan Literasi Matematika. CV. Media Cendekia Muslim Bandung: 2021.

Mulyana, E. (2010). Kapita Selekta Matematika 1. Bandung: Diktat perkuliahan JURDIKMAT FPMIPA UPI.

OECD, (2013). https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20e-book_final.pdf. Diakses 20 Januari 2020.

OECD, (2018). PISA 2018. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf. Diakses 20 Januari 2020.

Ruseffendi (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Bandung: Tarsito.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Subana dan Sudrajat. (2011). Dasar–Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E dan Sukjaya.(1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Sumarmo, U.(2014). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA-UPI.

Sumiati dan Astra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tim Penyusun Kamus Pembinaan dan Pengembahan Bahasa. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles