PENERAPAN PEMBELAJARAN SPRINT GAWANG UNTUK MENUMBUHKAN KEBERANIAN, KESENANGAN DAN PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN JATIBARU

Authors

  • Suherman Suherman SDN Jatibaru

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9658

Keywords:

Sprint Gawang, Keberanian, Kesenangan, Percaya Diri.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada pelajaran olahraga dan jasamani  sangat rendah. Untuk merespon hal itu maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain ; 1) Membuat pengembangan untuk menumbuhkan keberanian dalam pembelajaran sprint gawang pada siswa kelas 4. 2) Membuat pengembangan untuk menumbuhkan kesenangan dalam pembelajaran sprint gawang pada siswa kelas 4.  3) Membuat pengembangan untuk menumbuhkan percaya diri dalam pembelajaran sprint gawang pada siswa kelas 4.

      Penelitian ini dilakukan pada kelas 4 SDN Jatibaru dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian ini mengukur seluruh ranah yang ada pada hasil belajar, yaitu : kognitif (pemahaman), afektif (penerimaan dan respin) dan psikomotor (keterampilan meniru). Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada setiap ranah ditiap siklusnya. Dengan metode pembelajaran Sprint Gawang siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung sehingga pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari data maka direkomendasikan kepada para guru untuk menggunakan metode pembelajaran Sprint Gawang dalam pembelajaran Olahraga dan Jasmani di SD Jatibaru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles