Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendah minat pembelajaran matematika di sekolah dasar. Selain itu diketahui bahwa terdapat banyak permasalahan yang terjadi pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan RME, respon guru dan siswa, serta kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian yang ditemukan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di kota Cimahi dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri 12 orang siswa perempuan dan 8 orang siswa laki-laki. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan implementasi pendekatan RME sudah memenuhi 5 kriteria yang ditentukan, respon guru memperoleh 79% dan respon siswa memperoleh 77% yang termasuk kedalam kategori baik, serta kesulitan yang dialami siswa terdapat pada indikator memahami bangun ruang kubus.