PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN DAREK LOMBOK TENGAH

Authors

  • Awal Nur Kholifatur Rosyidah Universitas Mataram
  • Husniati Husniati Universitas Mataram
  • Arif Widodo Universitas Mataram http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
  • Baiq Niswatul Khair Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9979

Keywords:

persepsi guru, pembelajaran literasi, pembelajaran numerasi, masa pandemi

Abstract

Salah satu dampak penerapan model pembelajaran jarak jauh di era pandemi adalah menurunnya kualitas pembelajaran. Indikator penurunan kualitas pembelajaran di era pandemi dapat dilihat dari rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, salah satunya adalah kegiatan literasi dan numerasi yang wajib dilakukan sebelum pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan program, oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait dengan persepsi guru terhadap pembelajaran dengan pendekatan Teaching at the Right Level di era pandemi. Lokasi penelitian di SDN Darek, Lombok Tengah. Penelitian menggunakan desain penelitian survei. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru sekolah dasar. Hasil peneltian menemukan bahwa persepsi guru terhadap implementasi pembelajaran literasi dan numerasi dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level cukup baik. Guru merasa sangat terbantu dengan adanya pendekatan baru dalam pembelajaran literasi dan numerasi terutama dalam mengatasi keragaman kemampuan siswa. Guru memiliki komitmen yang baik untuk terus melanjutkan kegiatan pembelajaran literasi dan numerasi yang menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level

References

Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S., … Walton, M. (2016). Mainstreaming An Effective Intervention: Evidence From Randomized Evaluations Of ‘Teaching At The Right Level’ In India (No. 22746). Retrieved from http://www.nber.org/papers/w22746

Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

Kawuryan, F., & Raharjo, T. (2012). Pengaruh Stimulasi Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 9–20.

Lakhsman, S. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at Pratham ’ s approach to teaching and learning Improving reading and arithmetic outcomes at scale : Teaching at the Right Level ( TaRL ), Pratham ’ s approach to teaching and learning. Revue Internationale d’éducation de Sèvres, 1(June), 1–6.

Mahanal, S. (2014). Peran Guru dalam Melahirkan Generasi Emas dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, (September), 1–16. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Susriyati_Mahanal/publication/319746366

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Di Sdn Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Journal of Elementary Education, 04(03), 328–336.

Nazir, N. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Smeru Research Institute. (2016). Sintesis Hasil Studi Diagnostik Pembelajaran Pendidikan Dasar di Enam Kabupaten Mitra INOVASI di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, & Widodo, A. (2021). How Is The Student’s Numeracy Ability During Learning In The Pandemic Era? Jurnal Scientia, 10(1), 77–82. https://doi.org/10.35337/scientia.Vol10.pp77-82

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles