PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS 3 SD

Authors

  • Tria Septiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Silmi Awalyatun Nisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Margo Irianto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeni Yuniarti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9997

Keywords:

Pendekatan RME, Pemahaman Matematis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah pemahaman matematis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika. Selain itu diketahui bahwa terdapat banyak permasalahan yang terjadi pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman matematis siswa dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN di kota Cimahi dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri  17 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan implementasi pendekatan RME sudah memenuhi 5 kriteria yang ditentukan, respon respon siswa memperoleh 79% yang termasuk kedalam kategori baik.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles