LITERASI INFORMASI DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MASYARAKAT

Authors

  • Dinno Mulyono IKIP Siliwangi
  • Ansori Ansori IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3516

Keywords:

literasi informasi, pendidikan masyarakat

Abstract

Pemanfaatan teknologi dan informasi di tengah masyarakat membutuhkan sebuah kerangka yang menyeluruh, terkait dengan pendidikan dan implementasinya di tengah kelembagaan satuan pendidikan masyarakat, terutama berhubungan dengan berbagai pendekatan dalam proses pengelolaan informasi untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, tidak hanya berkaitan dengan pengembangan kompetensi membaca, menulis dan berhitung, tapi berhubungan dengan manajemen informasi itu sendiri agar dapat memberikan makna dan manfaat bagi kualitas kehidupan masyarakat. Dengan pendekatan pendidikan masyarakat, maka dapat dikembangkan sebuah model pembelajaran dengan memanfaatkan aksesibilitas dan kualitas teknologi informasi untuk menunjang program pemberdayaan yang ada. Termasuk memberdayakan satuan pendidikan masyarakat untuk memberikan dukungan atas pemanfaatan informasi dalam peningkatan kapasitas masyarakat itu sendiri.

References

Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). Community Education in The Development of The Community. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 7 (1), 25-35.

Coral, S. (1998). Key Skills for Student in HIgher Education. . Sconul Newsletter, 15, 22-29.

Eisenberg, Lowe, & Spitzer. (2004). Information Literacy: Essentials Skills for the Information Age, Edisi ke-2. Westport: Libraries Unlimited.

Fitriana, W., & Mulyono, D. (2019). Implication of Internship III Programs on Social Competency of IKIP Siliwangi Penmas Students. P2M STKIP Siliwangi 6 (1), 14-20.

Markauskaite, L. (2006). Towards an integrated analytical framework of information and communications technology literacy: from intended to implemented and achieved dimensions. Information Research, 11(3) , 252-265.

Muhajang, T., & Pangestika, M. D. (2018). Pengaruh Literasi Informasi terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 15-22.

Murti, D. P., & Winoto, Y. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Literasi INformasi dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-5.

Novanita, N. K. (2017, March 26). Kompas.Com. Retrieved from Kompas.Com: https://www.kompas.com/read/2017/03/26/0845611/2016.konten.berisi.ujaran.kebencian.paling.banyak.diadukan.ke.polisi

Palupi, R. (2019). Penyalahgunaan Media Sosial Sebagai Alat Propaganda. Jurnal Komunikasi, 10(1), 69-76.

Pattah, S. H. (2014). Literasi INformasi; Peningkatan Kompetensi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al Hikmah, 2(2), 117-128.

Verzosa, F. A. (2007, March 5). slideshare.net. Retrieved from Slideshare.net: https://www.slideshare.net/verzosaf/user-education-and-information-literacy-innovative-strategies-and-practices

Downloads

Published

2020-01-28