PERAN PENGELOLA PAUD DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM GERAKAN NASIONAL ORANG TUA MEMBACAKAN BUKU (GERNAS BAKU)

Authors

  • Yulia Sukmanandita PT. SEIKOU SEAT COVER

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3967

Keywords:

Minat baca, Pengelola Lembaga PAUD, Gernas Baku

Abstract

Kenyataan bahwa minat baca anak usia dini di Indonesia masih sangat rendah berdasarkan hasil survey Programme for Internasional Student Assesment (PISA) pada tahun 2015 menunjukkan bahwa Indonesia berada diurutan ke-64 dari 72 Negara dan menurut survey Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015, 91,4% anak usia sekolah lebih suka menonton televisi dan 13,11% yang suka membaca. Pemerintah membuat Program Gernas Baku sebagai gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan dirumah, disatuan paud, dan di masyarakat. Hal ini berlaku juga di Pos PAUD Kasih Bunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pengelola Lembaga PAUD Kasih Bunda dalam menumbuhkan minat baca anak usia dini melalu Program Gernas Baku. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Minat Baca, Pengelola Lembaga PAUD, serta Gernas Baku. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari sample penelitian yang diambil dari populasi di Pos PAUD Kasih Bunda yaitu 1 orang Pengelola, 3 Orang Tua, dan 3 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Gernas Baku yang diterapkan di Pos PAUD Kasih Bunda memang dapat menumbuhkan minat baca anak. Minat baca anak usia dini terlihat dari rasa senang anak terhadap buku.

References

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian dan Sosial. Bumi Khatulistiwa: Alfabeta.

Darmono. (2001). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Dhieni, N. (2010). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dhieni, N., & dkk. (2007). Mengikat Makna: Kiat-kiat Ampuh untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Kaifa.

Hidayati, N. (2013). Peningkatan Minat Baca Melalui Storrytelling Anak Kelompok B TK Al-Mutaqqien Surabaya. PAUD Teratai , 1-6.

Ikawati, E. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains , 1-12.

Muchlison, & dkk. (1992). Materi Pokok Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Depdikbud.

Siregar, A. R. (2004). Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan: Universitas Sumatra Utara.

sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2018). Panduan Pelaksanaan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 4 (2) , 115-120.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Downloads

Published

2020-05-08