PERAN PENGELOLA PAUD DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM GERAKAN NASIONAL ORANG TUA MEMBACAKAN BUKU (GERNAS BAKU)
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3967Keywords:
Minat baca, Pengelola Lembaga PAUD, Gernas BakuAbstract
Kenyataan bahwa minat baca anak usia dini di Indonesia masih sangat rendah berdasarkan hasil survey Programme for Internasional Student Assesment (PISA) pada tahun 2015 menunjukkan bahwa Indonesia berada diurutan ke-64 dari 72 Negara dan menurut survey Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015, 91,4% anak usia sekolah lebih suka menonton televisi dan 13,11% yang suka membaca. Pemerintah membuat Program Gernas Baku sebagai gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan dirumah, disatuan paud, dan di masyarakat. Hal ini berlaku juga di Pos PAUD Kasih Bunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pengelola Lembaga PAUD Kasih Bunda dalam menumbuhkan minat baca anak usia dini melalu Program Gernas Baku. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Minat Baca, Pengelola Lembaga PAUD, serta Gernas Baku. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari sample penelitian yang diambil dari populasi di Pos PAUD Kasih Bunda yaitu 1 orang Pengelola, 3 Orang Tua, dan 3 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Gernas Baku yang diterapkan di Pos PAUD Kasih Bunda memang dapat menumbuhkan minat baca anak. Minat baca anak usia dini terlihat dari rasa senang anak terhadap buku.References
Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian dan Sosial. Bumi Khatulistiwa: Alfabeta.
Darmono. (2001). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Dhieni, N. (2010). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dhieni, N., & dkk. (2007). Mengikat Makna: Kiat-kiat Ampuh untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Kaifa.
Hidayati, N. (2013). Peningkatan Minat Baca Melalui Storrytelling Anak Kelompok B TK Al-Mutaqqien Surabaya. PAUD Teratai , 1-6.
Ikawati, E. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains , 1-12.
Muchlison, & dkk. (1992). Materi Pokok Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Depdikbud.
Siregar, A. R. (2004). Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan: Universitas Sumatra Utara.
sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2018). Panduan Pelaksanaan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 4 (2) , 115-120.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.