Teknik Identifikasi Kebutuhan Belajar Berbasis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelatihan Kewirausahaan

Authors

  • Dayat Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4193

Keywords:

Teknik identifikasi, partisipasi masyarakat, pelatihan kewirausahaan

Abstract

Kurang berhasilnya pengembangan program kewirausahaan masyarakat disebabkan rendahnya partisipasi warga belajar mengikuti pembelajaran di PKBM Nurul Furqon. Warga belajar kurang dilibatkan dalam merencanakan program pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan. Kondisi ini yang latar belakang pengurus melakukan identifikasi kebutuhan belajar masyarakat dalam menyusun program pelatihan kewirausahaan di PKBM Nurul Furqon. Teknik identifikasi ini digunakan untuk meningkatkan partisipasi warga belajar mengikuti pelatihan kewirausahaan berbasis partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan teknik identifikasi kebutuhan belajar berbasis partisipasi masyarakat dalam pelatihan kewirausahaan di PKBM Nurul Furqon. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tujuan identifikasi pelatihan kewirausahaan dilakukan untuk memperoleh data permasalahan yang dihadapi dan menentukan kebutuhan warga belajar, merumuskan, menyusun perencanaan, dan melaksanakan proses pelatihan kewirausahaan. Pada akhir proses pelatihan dilakukan penilaian yang bertujuan membandingkan seluruh modal atau biaya usaha yang dikeluarkan dengan hasil, manfaat, dan keuntungan usaha yang telah diperoleh warga belajar. 

Downloads

Published

2020-05-08