OPTIMALISASI TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA DI KALANGAN REMAJA

Authors

  • Mila Aulia

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.734

Abstract

Budaya membaca perlu dikembangkan kepada semua lapisan masyarakat. Diktorat pendidikan masyarakat telah mengembangkan Taman Bacaaan masyarakat (TBM) bagi masyarakat pedesaan melalui penyediaan bahan bacaan yang berbetuk buku-buku maupun modul dan bahan belajar non cetak.

Untuk menunjang fungsi pendidikan dalam meningkatkan kualitas manusia, maka peran Taman Bacaan Masyarakat Masyarakat sangat dibutuhkan sebagai pelayan dalam menyediakan bahan pustaka yang dibutuhkan oleh masyarakat pengguna, dengan demikian Taman Bacaan Masyarakat memiliki peran sangat besar dalam upaya meningkatkan kecerdasan masyarakat serta sekaligus kwalitas manusia pada umumnya. Dengan demikian Taman Bacaan Masyarakat diharapkan akan memberikan motivasi warga masyarakat khususnya di lingkungan yang jauh dari akses pendidikan.

Author Biography

Mila Aulia

IKIP SILWANGI BANDUNG

References

Alexandro. (2010, 7 5). Retrieved from http://alexandro-tips.blogspot.co.id/2013/07/pengertian-minat-baca-menurut-para-ahli.html: http://alexandro-tips.blogspot.co.id/2013/07/pengertian-minat-baca-menurut-para-ahli.html

Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). Community Education in the development of The Community. Empowerment, 7(1), 25-35.

Arifin, Z. (2016). PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) MATA AKSARA. Taman Bacaan Masyarakat, http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/article/viewFile/1062/946.

Firdaus, N. M. (2018). DAMPAK PELATIHAN BAHASA INGGRIS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DAN KEPERCAYAAN DIRI TOURISTS GUIDE (STUDI KASUS DI PKBM BINA TERAMPIL MANDIRI CISARUA BANDUNG BARAT). Empowerment, 3(1), 71-77.

Bicara Perpustakaan. (2016, 3 6). Retrieved from http://bicaraperpustakaan.com/2016/03/taman-bacaan-masyarakat.html/: http://bicaraperpustakaan.com/2016/03/taman-bacaan-masyarakat.html/

Gubug Anak Bangsa. (2014, 11 2). Retrieved from https://gubuganakbangsa.wordpress.com/tag/fungsi-taman-bacaan-masyarakat/: https://gubuganakbangsa.wordpress.com/tag/fungsi-taman-bacaan-masyarakat/

Mulyono, D. (2017). Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal. Empowerment, 1(1).

Ridwan, A. (2012, 5 4). Wacana Pustaka. Retrieved from https://rifazien.wordpress.com/2014/09/25/taman-bacaan-masyarakat/: https://rifazien.wordpress.com/2014/09/25/taman-bacaan-masyarakat/

Rukanda, N., & Kartika, P. (2018). IMPLEMENTASI PENYELENGGARAAN PELATIHAN FOTOGRAFI DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN SILIWANGI BANDUNG. P2M STKIP Siliwangi, 5(1), 34-44.

Widiastuti, N., & Kartika, P. (2018). PENERAPAN MODEL KELOMPOK USAHA KREATIF ISLAMI (KUKIS) DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BERBASIS PONDOK PESANTREN. Empowerment, 6(2), 20-29.

Widiastuti, N., & Kartika, P. (2018). SOSIALISASI KREASI PENGOLAHAN SAMPAH MELALUI PROGRAM “DECOU-SANTAI†DALAM MENINGKATKAN PENGHASILAN MASYARAKAT SERTA KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN PESISIR PANTAI CIPATUJAH. ABDIMAS SILIWANGI, 1(1), 45-60.

Widiastuti, N. (2018). SPECIAL NEEDS EDUCATION: A CASE STUDY OF VISUAL IMPAIRMENT STUDENTS OF COMMUNITY EDUCATION STUDY PROGRAM IN IKIP SILIWANGI. P2M STKIP Siliwangi, 5(1), 27-33.

Downloads

Published

2018-09-29