EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET DALAM MENCARI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BAGI WARGA BELAJAR PKBM

Authors

  • Nunu Mahmud Firdaus IKIP Siliwangi
  • Babang Robandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i1.7527

Keywords:

Kemajuan Teknologi, Revolusi, Pendidikan,

Abstract

Teknologi memberi dampak yang luas dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk perubahan besar dalam penyelenggaraan pendidikan tuntutnny adalah pendidikan mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi yang tinggi, pada abad ke 21 peserta didik dituntut agar mampu belajar melalui teknologi yang semakin maju dan tanpa batas. Di Abad-21 terdapat proses serap informasi yang sangat berbeda, yang mana pada era sebelumnya, ilmu pengetahuan menghasilkan teknologicanggih seperti saat ini, tantangan pedagogi saat ini bagaimana teknologi dapat mengtranfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Dunia pendidikan dituntut untuk mampu menciptakan pendidikan yang menghasilkan sumber daya manusia indonesia yang seutuhnya yang memberikan kontribusi besar dalam membangun tatanan sosial dan ekonomi pada Abad-21. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan  teknologi informasi abad-21  yang  terus dikembangkan pada dunia pendidikan menjadikan sebuah revolusi pendidikan yang menjadikan teknologi sebagai sumber informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.  Sampel penelitian  ini  adalah warga belajar pada PKBM Ibun yang berada di kabupaten Bandung majalaya dengan responden 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi abad ke-21 dapat mengtranfer informasi yang bermanfaat dan banyak memberikan ilmu baru termasuk ke keterampilan dan belajar berinovasi; (2) kehidupan dan karir; dan (3) keterampilan teknologi dan media informasi.

 

Kata  Kunci: Kemajuan Teknologi, Revolusi, Pendidikan,

References

Drucker, P. F. (1994). Innovation And Entrepreneurship. Jakarta: Erlangga.

Gates, B. (1996). The connected learning community: Using technology for education. THE Journal (Technological Horizons In Education), 23(8), 10.

Ornstein, A. C., Levine, D. U., Gutek, G., & Vocke, D. E. (2016). Foundations of education. Cengage Learning, fourth edition . Boston: Houghton Mifflin Company.

Pujiriyanto, P., Haryanto, S., Mulyoto, M., & Rochsantiningsih, D. (n.d.). Project-Based Learning Model in Developing Creativity Support Environments in the Class of Entrepreneurship Education. Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education, 2(1), 757–767.

Robandi, B., Kurniati, E., & Sari, R. P. (2019). Pedagogy in the era of Industrial Revolution 4.0. 8th UPI-UPSI International Conference 2018 (UPI-UPSI 2018), 38–46.

Siswanti, L. (2019). PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN TANTANGAN GURU PADA ABAD 21. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Vogel, T. (2014). Breakthrough thinking: A Guide To Creative Thinking And Idea Generation. Ohio: Simon and Schuster.

Wulandari, N. W., & Fitriana, D. (2006). Kecerdasan Moral di Era Big Data. Inovasi Pendidikan Di Era Big Data Dan Aspek PsikoLoginya. Malang. Retrieved from Http://Digilib. Mercubuana. Ac. Id/Manager/T. Diakses : 1 Juni 2022

Downloads

Published

2023-01-16